PLN Remajakan Instalasi Listrik Tempat Tasyakuran Nikah Kaesang-Erina

tim | CNN Indonesia
Jumat, 09 Des 2022 11:25 WIB
PLN meremajakan instalasi kelistrikan Pura Mangkunegaran; tempat tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep-Erina Gudono. PLN meremajakan instalasi kelistrikan Pura Mangkunegaran; tempat tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep-Erina Gudono. (arsip foto PLN).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT PLN (Persero) meremajakan instalasi kelistrikan Pura Mangkunegaran yang merupakan tempat tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden JokowiKaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu rencananya berlangsung pada Minggu (11/12).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan proses penggantian instalasi listrik di Pura Mangkunegaran ke sistem yang lebih modern adalah bagian dari nguri-uri budaya alias istilah bagi orang Jawa untuk melestarikan kebudayaan nenek moyang.

"Kami ini jadi bagian kekuatan nguri-uri budaya. Salah satunya, kita membantu juga preservasi lighting lampu dari Pura Mangkunegaran yang usianya sudah ratusan tahun," ujar Darmawan dalam keterangan tertulis, Jumat (9/12).

Ia menjelaskan PLN menyulap kelistrikan di Pura Mangkunegaran dengan peremajaan interior lighting untuk updating pencahayaan sekaligus untuk memperindah kawasan interior menjadi lebih menarik.

Tak hanya itu, PLN juga mengganti beberapa instalasi dan kabel listrik yang sudah usang di tempat tasyakuran Kaesang dan Erina tersebut menjadi instalasi baru.

"Kami ganti juga MCB, kabel-kabel yang sudah lama. Kami memastikan saat ini instalasi listrik di Pura Mangkunegaran lebih modern dan andal serta aman. Ini bagian dari langkah kami mengkonservasi budaya leluhur," tuturnya.

Kendati, Darmawan tak menyinggung soal peremajaan listrik di Pura Mangkunegaran ini karena dipakai oleh anak bungsu orang nomor satu di Indonesia tasyakuran pernikahan atau tidak.

Darmawan mengharapkan Pura Mangkunegaran bisa menjadi kawasan wisata edukasi budaya yang memadukan unsur klasik dan modern, melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Jawa, dan mampu menjadi rujukan bagi masyarakat untuk mempelajari adat-istiadat, pengetahuan, norma, serta kesenian Jawa.

Terlepas dari itu, pengamanan di Kota Solo, Jawa Tengah, ditingkatkan menjelang prosesi pernikahan dan ngunduh mantu Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Prosesi pernikahan akan digelar di Sleman, DI Yogyakarta pada Sabtu (10/12), sementara ngunduh mantu diadakan di Solo pada Minggu (11/12).

[Gambas:Video CNN]

Upacara ngunduh mantu akan diselenggarakan di rumah dinas Walikota Solo Loji Gandrung dilanjutkan dengan tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

Pengamanan mulai diperketat sejak Kamis (8/12) pagi. Ratusan anggota TNI tampak berjaga di sekitar Loji Gandrung. Sementara di Pura Mangkunegaran yang lebih luas, jumlah personel yang berjaga tampak lebih banyak.

Pengamanan juga terlihat di sepanjang Jalan Slamet Riyadi dan Diponegoro dari depan Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran. Beberapa kendaraan taktis (rantis) disiagakan di sekitar Loji Gandrung, Pura Mangkunegaran, dan beberapa lokasi strategis.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan jumlah anggotanya yang bertugas untuk mengamankan hajatan besar keluarga Presiden Joko Widodo mencapai 9.600 personel. Tak hanya dari TNI Angkatan Darat, pengamanan juga melibatkan dua matra lainnya.

(skt/agt)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER