Inflasi Venezuela Tembus 234 Persen pada 2022

tim | CNN Indonesia
Selasa, 24 Jan 2023 10:06 WIB
Inflasi Venezuela pada 2022 mencapai 234 persen, turun drastis jika dibandingkan inflasi 2021 sebesar 686,4 persen. Inflasi Venezuela pada 2022 mencapai 234 persen, turun drastis jika dibandingkan inflasi 2021 sebesar 686,4 persen. Ilustrasi. (Gaby Oraa/Getty Images).
Jakarta, CNN Indonesia --

Inflasi Venezuela berhasil turun ke angka 234 persen pada 2022. Angka inflasi terbaru itu diungkap Wakil Presiden Venezuela Delcy Rodriguez.

Dalam sebuah forum bisnis dengan Turki, Rodriguez mengatakan negara Amerika Selatan itu memang tengah berjuang dengan krisis ekonomi yang dalam dan panjang.

Angka inflasi ini memang tergolong tinggi, tapi turun drastis jika dibandingkan inflasi tahun 2021 yang menembus 686,4 persen.

Bank Sentral Venezuela memang jarang mempublikasikan data ekonomi negara tersebut, serta belum memberikan data inflasi Venezuela sejak Oktober tahun lalu.

Selama berbulan-bulan pemerintah mampu menekan inflasi harga konsumen dengan kebijakan ekonomi yang kaku, di antaranya menahan nilai tukar, membatasi pengeluaran publik, dan menaikkan pajak.

Strategi tersebut mulai menunjukkan celah. Kepada Reuters, seorang sumber menyebut trik tersebut malah mengerek kenaikan harga-harga dalam waktu cepat karena kurs mereka melemah terhadap dolar AS.

Belanja pemerintah juga meningkat dan permintaan akan dolar AS melebihi cadangan devisa Venezuela di Bank Sentral Venezuela.

Pengeluaran pemerintah juga meningkat dan permintaan dolar melebihi cadangan mata uang asing bank sentral.

Berapa ekonom mengirim sinyal hati-hati. Menurut mereka, pada awal bulan ini Venezuela berisiko memasuki kembali periode hiperinflasi.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER