Cuma Kerja 3 Bulan, Eks Bos Disney Kantongi Pesangon Miliaran per Hari

tim | CNN Indonesia
Selasa, 24 Jan 2023 15:11 WIB
Geoff Morrell menerima pesangon Rp124 miliar untuk masa kerja singkat tiga bulan di Disney. Belum termasuk biaya pindah dan beli rumah eks karyawan. Geoff Morrell menerima pesangon Rp124 miliar untuk masa kerja singkat tiga bulan di Disney, belum termasuk biaya pindah dan beli rumah eks karyawan. Ilustrasi. (AFP/Valerie Macon).
Jakarta, CNN Indonesia --

Geoff Morrell mengantongi rezeki nomplok dari pemecatan dirinya oleh Disney. Mantan Chief Corporate Affairs Disney ini menerima pesangon US$8,3 juta atau setara Rp124 miliar (asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS) untuk masa kerja singkatnya.

Ia hanya bekerja selama tiga bulan di perusahaan hiburan terkemuka tersebut. Jika dihitung per hari, Morrell dibayar US$176 ribu atau Rp2,6 miliar.

The Wall Street Journal yang pertama kali melaporkan rincian paket gaji Morrell di Disney. Morrell disebut menerima gaji dan bonus US$8,3 juta selama tiga bulan bekerja, Januari - April 2022, dan masih diupah hingga 30 Juni 2022.

Sumber internal Disney mengaku pada CNN Business bahwa Morrell mendapat sekitar US$2juta dari nilai kompensasi yang diajukan yaitu US$8,3 juta. Pasalnya, ada beberapa pembayaran berbasis kinerja tidak pernah diberikan, mengingat masa kerjanya yang singkat.

Tetapi jumlah penerimaan pesangon itu belum menghitung biaya lainnya. Disney dikabarkan membeli rumah Morrell seharga US$4,5 juta atau setara Rp7 miliar di California lantaran belum terjual hingga Oktober lalu. Ongkos pembelian ini tidak terdaftar dalam paket kompensasi.

Disney juga harus merogoh kocek cukup besar saat merekrut Morrel. Perusahaan membayar US$500 ribu atau Rp7,4 miliar untuk memindahkan keluarga Morrell dari London, Inggris, ke Los Angeles, Amerika Serikat.

Sebelum pindah ke Disney, dulunya Morrell bekerja untuk British Petroleum (BP) selama 11 tahun.

Tak cukup di situ, Disney masih harus membayar US$500 ribu lagi untuk biaya pindah Morrell ketika didepak dari Disney.

Jumlah duit tersebut terlepas dari fakta Morrell memicu konflik antara CEO Disney saat itu, Bob Chapek, dengan Gubernur Florida Ron DeSantis. Keretakan itu hingga sekarang yang harus dibenahi oleh penerus Chapek, yakni Bob Iger.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER