Kuliner Mancanegara

Asal Usul Dorayaki, Camilan Favorit Doraemon

Merry Wahyuningsih, CNN Indonesia | Selasa, 02/12/2014 15:05 WIB
Dorayaki sejatinya adalah kue kuno yang sudah ada sejak Zaman Edo. Namun, namanya baru populer di awal abad ke-20. Dorayaki, camilan favorit Doraemon (Wikimedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penggemar manga dan anime pasti tahu dengan dorayaki, camilan favorit si robot kucing Doraemon. Kue mirip pancake ini sejatinya adalah kue kuno yang sudah ada sejak Zaman Edo. Namun, namanya baru populer di awal abad ke-20.

Nama ‘dorayaki’ berasal dari kata dalam bahasa Jepang, yaitu ‘dora’ yang berarti gong, dan ‘yaki’ yang berarti dimasak dengan panas kering. Nama ini diyakini diberikan karena kemiripan bentuknya dengan perkusi piringan logam gong, seperti dilansir dari Japantimes, Selasa (2/12).

Teori asal usul dorayaki juga lekat dengan seorang pahlawan legendaris bernama Saito no Musashibo Benkei. Menurut cerita, saat terluka parah Benkei dirawat oleh sepasang kakek nenek. Pasangan tua itu memberinya kue bulat kecil yang dimasak di permukaan gong. Kue itu diyakini menjadi awal mula terciptanya dorayaki pertama.


Meskipun asal usul dorayaki diyakini berasal dari zaman kuno, tapi dorayaki dengan bentuk mirip pancake baru populer di awal abad ke-20. Selama Zaman Edo (1603-1867), dorayaki dikenal sebagai kue lipat seperti telur dadar atau sandwich pucat bulat, dengan adonan jauh lebih tipis.

Dorayaki pertama kali dibuat menyerupai pancake pada 1914 oleh toko pembuat makanan manis di Ueno, Tokyo, bernama Usagiya. Sang pemilik toko mendapatkan ide dari makanan manis yang berakar di Eropa, yakni kasutera atau kue castella.

Adonan yang digunakan untuk membuat pancake dorayaki terdiri dari beberapa bahan khas Jepang, seperti mirin (arak beras manis), dan bahkan sentuhan kecap. Bahan pemanis utama biasanya madu, meskipun kadang-kadang menggunakan gula. Sedangkan untuk dorayaki biasa, bahan yang digunakan adalah tsubu-an, yaitu kacang adzuki yang ditumbuk dan diberi pemanis.

Beberapa tahun terakhir, berbagai varian isi dorayaki pun menjadi populer. Salah satunya nama (segar atau mentah) dorayaki, mengacu pada penggunaan krim segar dicampur dengan tsubu-an. Isian lain antara lain krim cokelat, krim ubi jalar, dan krim kacang.

Membuat dorayaki sendiri dengan pilihan isian cukup mudah, terutama jika Anda menggunakan salah satu campuran pancake instan yang sangat populer di Jepang. Hanya dengan menambahkan beberapa sendok makan madu, satu sendok makan mirin dan setetes kecap untuk adonan. Masak di atas permukaan antilengket seperti wajan listrik, dan beri isian manis ketika dorayaki sudah matang. Makanan khas robot kucing berkantong ajaib pun siap disantap.