Kesehatan Seksual

Makanan-makanan Pengubah Rasa Air Mani

Merry Wahyuningsih, CNN Indonesia | Rabu, 10/12/2014 14:19 WIB
Makanan-makanan Pengubah Rasa Air Mani Ilustrasi sperma (Thinkstock/Sashkinw)
Jakarta, CNN Indonesia -- Secara normal, air mani pria terasa sedikit manis karena mengandung fruktosa. Namun, rasa air mani dapat berubah karena pengaruh pola makan. Makanan tertentu dapat membuat air mani terasa pahit atau manis.

Semen atau air mani adalah cairan tubuh yang disekresikan oleh gonad jantan (testis atau organ yang memproduksi sperma). Cairan ini berisi spermatozoa, fruktosa dan enzim lainnya yang membantu sperma untuk bertahan hidup serta memfasilitasi pembuahan agar berjalan sukses.

Semen melewati saluran ejakulasi dan bercampur dengan cairan dari vesikula seminalis, prostat dan kelenjar Cowper. Vesikula seminalis menghasilkan cairan yang kental dan kaya fruktosa. Ini membentuk sekitar 65-70 persen dari komposisi air mani.


Karena mengandung fruktosa, air mani akan terasa sedikit manis. Namun, rasanya cenderung berubah tergantung dengan makanan yang Anda konsumsi.

Dokter dan pengajar dari Universitas Tarumanegara, Andri Wanananda, menjelaskan bahwa air mani dan sperma memiliki beberapa rasa, yaitu manis, pahit, dan masam.

“Akan terasa pahit dan masam bila individu banyak makan daging merah, produk hewani, bawang, garlic (bawang putih) dan kopi,” kata Andri, seperti dikutip dari tulisannya, Rabu (10/12).

Dijelaskan Andri, rasa air mani akan berubah menjadi manis ketika seorang pria banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung gula alami, seperti jeruk, pisang dan apel.

Rasa manis pada air mani dipicu oleh kandungan fruktosa dari makanan, sedangkan rasa masam saat pria banyak mengonsumsi daging dipicu oleh ketidakseimbangan pH atau kadar asam dalam cairan air mani.