KONTES KECANTIKAN

Indonesia Bawa Borobudur ke Miss Universe

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Rabu, 17/12/2014 17:58 WIB
Keindahan dan kemegahan candi Budha terbesar di dunia, Borobudur, menjadi andalan kostum Puteri Indonesia di ajang Miss Universe 2014. Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira siap berangkat ke Miss Universe 2015 (CNN Indonesia/Endro Priherdityo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira, siap bersaing dengan ratusan wanita cantik di dunia. Keindahan dan kemegahan candi Budha terbesar di dunia, Borobudur, menjadi andalan kostum Puteri Indonesia di ajang Miss Universe 2014.

Kostum bertajuk ‘The Chronicles of Borobudur’ tersebut telah disiapkan mulai dari September 2014 dan waktu pengerjaan hanya dua pekan. Bahan yang digunakan terdiri dari kain, rangka besi, payet, spons, dan ditambah perak dari kota Gede Yogyakarta sebagai aksen lempeng di sekitar kostum. Kain yang digunakan adalah jenis tafeta sutra, songket, dan tenun.

Karya ini merupakan hasil buatan Dynand Fariz yang juga membuat kostum nasional untuk perwakilan Indonesia tampil di ajang kecantikan internasional, yang sebelumnya bertema Lampung dan Borneo.


Kostum yang disiapkan untuk kategori Best National Costume ini memiliki bobot total hingga 20 kilogram. Bobot terbesar berada di bagian rangka punggung dan 'rangkaian stupa' sebagai latar Elvira ketika berjalan.

Mahkota yang harus dikenakan Elvira berbentuk stupa dihiasi dengan ukiran emas dan payet. Selain itu, juga terdapat terusan kain yang dimodif dapat dibentangkan seperti sayap.

Dua kostum bertema Borobudur

Selain kostum nasional, tema Borobudur juga tertuang dalam gaun dengan jubah panjang rancangan Ivone. Dengan tangan terampilnya, Ivone melukiskan indahnya Borobudur ke selembar kain yang pastinya akan sangat cantik memesona. Gaun dengan jubah panjang ini siap membuat tampilan Elvira kian memukau saat karantina Miss Universe di Miami nanti.

(Baca juga: Sejarah Baru, Kostum Putri Indonesia Jadi Terbaik)

"Di kostum ini, kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia tidak hanya punya budaya dan fauna yang beragam, tetapi juga ikon bangunan yang terkenal, sehingga orang luar tahu bahwa Borobudur berarti Indonesia," kata Ivone.

(Baca juga: Indonesia Kembali Juara Kostum di Kontes Kecantikan Dunia)

"Soal menang atau tidak itu memang tergantung dari selera para juri. Terkadang yang menang kostum yang tidak heboh tapi filosofinya ada, atau yang benar-benar seperti karnaval,” ujar Ivone.

(Baca juga: Puteri Indonesia Siap Adu Cantik di Miss Universe 2014)

(mer/mer)
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK