HIDUP BAHAGIA

Cara Mengungkapkan Terima Kasih yang Berkesan

Tri Wahyuni | CNN Indonesia
Rabu, 07 Jan 2015 09:54 WIB
Ternyata beberapa tokoh terkenal juga kerap mengungkapkan rasa terima kasih dalam sebuah kartu ucapan. Ilustrasi kartu ucapan terimakasih. (CNNIndonesia/ Pixabay/GingerQuip)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terima kasih merupakan salah satu kata ajaib yang bisa membuat orang yang mengucapkan merasa bahagia, begitu pun dengan orang yang ditujukan terima kasih. Bagaimana tidak, kata terima kasih bisa membuat si pemberi selalu bersyukur dan si penerima merasa dihargai.

Kata terima kasih akan jauh lebih bermakna jika disampaikan melalui ungkapan dalam selembar kertas. Selain bisa lebih mendalam, cara ini juga bisa membuat komunikasi menjadi lebih intim.

Kartu ucapan terima kasih yang baik mengungkapkan hal-hal yang diapresiasikan secara detil dan spesifik. Jangan cuma menuliskan "Terima kasih ya jaketnya, keren sekali," tapi cobalah ungkapkan dengan "Terima kasih ya jaketnya. Warna merahnya bagus, nyaman dipakai, dan bermanfaat sekali soalnya pas sedang musim hujan."


Juga jangan hanya mengucapkan "Terima kasih atas makan malamnya," tapi ucapkan "Terima kasih ya makan malamnya. Aku sangat menyukai makanannya, enak sekali. Piringku sampai bersih sekali." Selain bisa diungkapkan melalu secarik kertas, ucapan-ucapan terima kasih tersebut juga bisa diucapkan melalui lisan. Bahkan Anda boleh mencoba cara-cara kreatif lainnya agar ucapan terima kasih yang Anda sampaikan bisa membekas di hati si penerima.

Ucapan terima kasih terbaik juga mengandung satu atau dua kalimat tentang apa yang terjadi dalam hidup Anda dan beberapa pemikiran tentang orang yang ditujukan terima kasih."......Kami akan di rumah saja sampai waktu liburan sekolah selesai. Semoga kita dapat bertemu secepatnya dan kamu bisa bercerita tentang pekerjaan barumu."

Ternyata beberapa tokoh terkenal juga kerap mengungkapkan rasa terima kasih dalam sebuah kartu ucapan. Sebut saja George H.W. Bush, yang telah menuliskan ribuan kartu ucapan terima kasih yang menunjukkan bahwa ia mengapresiasi setiap kontribusi dan pencapaian.

Hal yang sama dilakukan oleh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Dalam resolusi tahun barunya untuk tahun 2014 lalu, ia menuliskan akan membuat minimal satu kartu ucapan terima kasih setiap harinya. Namun, Zuckerberg tidak hanya mengungkapkannya secara tertulis, ia juga memanfaatkan teknologi masa kini sepeti email, dan media sosial lainnya.

Apapun bentuknya, ucapan terima kasih yang Anda tujukan untuk seseorang akan membuat Anda merasa lebih bersyukur dan betapa bahagianya melihat orang lain merasa bahagia juga atas apresiasi yang Anda berikan.

(mer/mer)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER