HIDUP SEHAT

7 Cara Mengefektifkan Penggunaan Treadmill

Utami Widowati, CNN Indonesia | Selasa, 13/01/2015 07:35 WIB
Treadmill tak bisa digunakan sembarangan. Ada beberapa cara untuk mendapatkan manfaat lebih besar dari berlari dengan menggunakan treadmill. Ilustrasi: Lari di alam bebas lebih baik. Namun menggunakan treadmill pun baik asal sesuai caranya. (Getty Images/Martinan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Soal olahraga memang soal selera. Ada yang lebih senang berlari di udara terbuka dan menganggap mereka yang suka menggunakan treadmill mirip hamster.

Tapi ada juga yang lebih memilih untuk menggunakan treadmill. Apalagi di cuaca yang kurang bersahabat seperti saat ini penggunaan treadmill akan bisa memastikan kita tak kehilangan kesempatan untuk berlatih.

Namun treadmill tak bisa digunakan sembarangan. Seperti dilansir Huffington Post ada beberapa cara untuk mendapatkan manfaat lebih besar dari berlari dengan menggunakan treadmill.


1. Rencanakan apa yang akan Anda lakukan

Jangan langsung melompat ke alat dan mulai berjalan atau berlari. Cara ini akan membuat Anda segera bosan dan berhenti sebum mencapai target.

Sebaliknya susun dulu strategi, apakah Anda akan berlatih dengan interval, interval dengan incline di mana langkah dibuat seperti menanjak atau gabungan keduanya. Cara ini akan membuat Anda lebih bersemangat. Jangan kaget jika kemudian Anda bisa berlari dengan tempo yang lebih cepat dari yang Anda duga semula. 

2. Jauhkan tangan dari pegangan saat melangkah dengan incline

Mungkin Anda suka melihat orang yang melangkah dengan incline atau menanjak sembari berpegangan pada mesin treadmill. Atau mungkin Anda sendiri melakukannya.  Ini sungguh kurang baik. Berpegangan pada alat treadmill tidak baik untuk bagian punggung Anda. Lagipula tidak membuat Anda lebih kuat juga. Jika Anda merasa lemah saat gerakan menanjak, cobalah lakukan dalam irama yang lebih lambat.

3.  Jauhkan tubuh dari konsol pengatur

Berjalan atau berlari terlalu dekat dengan konsol pengatur akan membuat Anda terpaksa melangkah lebih kecil, hasilnya postur tubuh juga jadi tak alami. Artinya Anda berlari tidak efisien. Jadi jaga jarak tubuh dengan konsol pengendali. Jangan takut Anda tak akan terjatuh ke belakang, selama tombol pengendali untuk berhenti mendadak masih berada dalam jangkauan Anda.

4. Lakukan perenggangkan pada lengan dan bahu dulu

Jangan berpikir karena menggunakan treadmill Anda hanya membutuhkan otot kaki. Karena lengan dan bahu juga penting untuk menjaga keseimbangan. Jadi pastikan tangan juga mengalami cukup perenggangan seperti juga kaki sebelum melangkah.

5. Minimalkan ayunan lengan

Menghindari ayunan lengan terlalu kerns saat melangkah penting untuk menjaga keseimbangan tubuh bagian tengah. Jaga asal paralel dengan kaki untuk menciptakan gerakan yang stabil dan membuat otot-otot pusat bekerja lebih baik. Gerakan tangan saat melangkah harusnya adalah naik dan turun bukan ke kiri dan ke kanan.

6. Relakskan wajah dan tangan

Berlari memang berat, tapi jangan tunjukan dengan membuat wajah jadi tegang, terutama saat melakukan interval. Buat semuanya sesantai mungkin dan jangan lupa atur napas. Penting juga untuk membuat santai kedua tangan Anda. Ini akan  mengurangi ketegangan di tubuh dan membuat lari di treadmill jadi lebih santai sehingga rasanya juga tak akan menyakitkan untuk tubuh Anda.

7. Katakan "tidak" pada telepon pintar

Jika Anda orang yang tidak bisa lepas dari ponsel, jika ingin menggunakan treadmill sudah waktunya Anda berpisah dari ponsel Anda. Menggunakan ponsel akan memecah konsentrasi Anda saat melangkah. Belum lagi riset membuktikan orang yang menghabiskan banyak waktu dengan ponselnya cenderung tidak fit fisiknya dibanding yang menyisihkan waktu sedikit saja untuk menggunakan ponsel. Jika musik favorit Anda di ponsel, cukup batasi penggunaan ponsel hanya untuk fungsi musik ini saja selama berlatih dengan treadmill. (utw/vga)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK