Kolesterol Baik vs Jahat

Makanan yang Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol Baik

Merry Wahyuningsih, CNN Indonesia | Selasa, 13/01/2015 13:42 WIB
Ilustrasi (Getty Images/nito100)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kolesterol tidak selamanya jahat. Tubuh Anda justru memerlukan kolesterol HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik untuk dapat membersihkan kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat dari dalam tubuh.

Kolesterol HDL dianggap kolesterol ‘baik’ karena membantu menghilangkan kolesterol LDL dari arteri. Para ahli percaya HDL bertindak sebagai pemulung, membawa kolesterol LDL dari arteri dan kembali ke hati, di mana kolesterol jahat dipecah dan dikeluarkan dari tubuh, seperti dilansir dari laman Heart.org.

Orang dengan kadar LDL tinggi akan berisiko mengalami penyakit jantung dan stroke. Karena itu, kadar LDL tidak boleh tinggi di dalam darah. Tapi sebaliknya, kadar HDL yang rendah justru membahayakan jantung. Itulah sebabnya, kadar HDL dalam tubuh perlu ditingkatkan. Meningkatkan kadar kolesterol baik juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.


(Baca juga: Kolesterol Baik di Tubuh Justru Perlu Ditingkatkan)

Bergerak aktif, berhenti merokok dan menurunkan berat badan adalah cara terbaik untuk meningkatkan kadar HDL si kolesterol baik. Selain itu, ada beberapa makanan dengan kandungan lemak sehat yang juga dapat meningkatkan kadar HDL.

(Baca juga: Lima Makanan Terbaik untuk Turunkan Kolesterol Jahat)

Dirangkum CNN Indonesia dari berbagai sumber, berikut lima jenis makanan yang bisa tingkatkan kadar kolesterol baik:



HALAMAN :
1 2 3 4 5 6