Bahaya Narkoba

Berbagai Jenis Narkoba dan Dampak Negatifnya

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Kamis, 22/01/2015 10:57 WIB
Narkoba yang beredar saat ini bukan hanya narkotika, melainkan ada banyak jenis lainnya. ilustrasi narkoba (Ximagination/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beban hidup yang menyulitkan, tuntutan pekerjaan yang tinggi, dan keharusan untuk tetap menjalankannya sering dijadikan alasan untuk mengonsumsi zat-zat adiktif seperti rokok, alkohol, dan narkoba. Ketiganya dianggap sebagai 'jalan pintas' untuk menyelesaikan masalah dan beban hidup.

Meski merugikan bagi kesehatan, 'jalan pintas' itu pun terus digunakan sebagai bentuk pelarian dari segala kesulitan. Dokter ahli penyakit dalam, Ari Fahrial Syam, mengatakan, setiap waktu selalu ada korban yang datang ke rumah sakit akibat narkoba. "Bicara soal Narkoba, memang tidak bisa dilepaskan dengan konsumsi alkohol dan rokok. Harusnya pengendalian ketiganya berlangsung satu paket," kata dokter Ari dalam siaran pers yang diterima CNN Indonesia.

Ia menambahkan, rokok, narkoba, dan alkohol, sama-sama membawa dampak buruk bagi kesehatan. Bahkan, lebih jauh lagi dapat menyebabkan kematian. "Rokok, narkoba dan alkohol juga  sama-sama bersifat adiksi (ketagihan)," ujarnya.


Apabila sudah ketagihan, sangat sulit untuk melepaskan diri dari ketiga bahan berbahaya ini. "Adiksi terhadap salah satu narkoba akan membuat seseorang pecandu narkoba melakukan aktivitas antisosial demi mendapatkan narkoba," imbuhnya.

Narkoba yang beredar saat ini bukan hanya narkotika, melainkan ada banyak jenis lainnya. Berikut beberapa jenis narkoba dan dampaknya bagi kesehatan, seperti dikutip dari laman BNN DKI
HALAMAN :
1 2 3 4 ... 9