Menambah Massa Otot dengan Makan Tempe

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Jumat, 23/01/2015 11:02 WIB
Menambah Massa Otot dengan Makan Tempe Tempe (FotoosVanRobin/Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu manfaat tempe adalah untuk menambah massa otot. Manfaat ini tentunya sangat cocok untuk orang-orang yang sedang melakukan program body building.

Amadeus Driando Ahnan, atau yang akrab disapa Ando, adalah salah satu orang yang telah berhasil melalukan body building dengan bantuan tempe. "Body building dengan beli susu dan membership gym kan mahal. Akhirnya saya cari alternatif lain yang lebih murah," kata Ando saat ditemui di kawasan Semanggi, Jakarta.

Mahasiswa Unika Atma Jaya Fakultas Teknobiologi tersebut menemukan ide untuk menjadikan tempe sebagai pendukung program body building-nya, berkat ilmu-ilmu yang telah ia dapat selama di kuliah.


"Tempe proteinnya tinggi, kandungan lemaknya rendah, bisa digunakan untuk menurunkan lemak tubuh dan menambah massa otot," kata Ando menjelaskan.

Bahkan, tempe pun bisa digunakan untuk menggantikan asupan daging sapi dan daging ayam yang biasa dikonsumsi dalam program body building. "Harga daging dan ada ayam kan mahal, akhirnya saya cari yang lebih murah apa ya, tapi khasiatnya sama. Ternyata tempe bisa menggantikan daging dan ayam," tukasnya.

Baca juga: Tempe Punya Vitamin Setara Daging

Akhirnya ia mencobanya dan ternyata berhasil. Program body building-nya pun tetap berjalan lancar meski hanya menggunakan tempe.

Selanjutnya, ia pun menyebarkan virus itu pada orang lain melalui media sosialnya. Ia mengadakan tempe challenge selama tiga minggu. Bagi yang ingin melakukan tempe challenge, harus makan tempe selama tiga minggu sebagai sumber protein pertama.

(mer/mer)