Kini Ada Kopi yang Bisa Bikin Anda Mengantuk

Windratie, CNN Indonesia | Jumat, 23/01/2015 19:34 WIB
Kini Ada Kopi yang Bisa Bikin Anda Mengantuk Ilustrasi (shixugang/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah produk minuman baru yang mencampur kopi dengan ramuan yang membuat Anda tertidur. Coba bayangkan bagaimana menyesap secangkir kopi sebelum tidur? Biasanya seseorang akan terjaga selama berjam-jam.

Namun, Deland Jessop dan istrinya membuat produk minuman baru yang mereka namakan Counting Sheep Coffe. Minuman baru tersebut diciptakan agar para pencinta kopi dapat menegak secangkir kopi sebelum tidur tanpa membuat mereka terjaga selama berjam-jam.

“Daripada segelas anggur, kami menyeduh secangkir kopi sebagai gantinya,” kata Jessop yang meluncurkan perusahaan pada 2013, seperti dilansir dari laman Time.


Saat istrinya mengeluh tidak dapat menikmati kopi setelah pukul 3 sore, Jessop menyulap rumahnya menjadi laboratorium darurat. Dia berusaha mencari solusi atas masalah tersebut. Setelah bereksperimen dengan berbagai herbal dan suplemen, Jessop terpikat pada valerian.

Itu adalah tanaman yang digunakan sebagai obat penenang ringan di Eropa selama berabad-abad. Bunga valerian dicampurkan dengan kopi tanpa kafein untuk menghilangkan baunya yang menyengat. Maka lahirlah kopi tidur tersebut.

Jessop menekankan, Counting Sheep Coffee adalah produk makanan, bukan sejenis obat untuk membantu seseorang terlelap. Valerian disetujui oleh Food and Drug Administration sebagai bahan makanan.

Para ahli tidak tahu persis mengapa tanaman tersebut berkhasiat ampuh sebagai penginduksi tidur yang potensial. Namun, ada sedikit risiko efek samping, selain mengantuk tentunya, kata Stephen Bent dari Universitas California, San Fransisco.

“Dalam studi yang dilakukan, produk kopi tersebut terbukti aman,” katanya. “Kopi ini memiliki sejarah tradisional panjang yang digunakan untuk menginduksi tidur.” Produk tersebut muncul pertama kali di supermarket Bed, Bath, & Beyon pada 2013, sekarang dijual di beberapa supermarket daerah.


(win/mer)