Flek Hitam, Masalah Kulit Terseram Bagi Perempuan Indonesia

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 28/01/2015 17:59 WIB
Flek Hitam, Masalah Kulit Terseram Bagi Perempuan Indonesia Ilustrasi (Thinkstock/Justin Sullivan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keriput, kulit kusam, dan jerawat merupakan gejala penuaan dini. Perempuan berusia di atas 25 tahun pasti mulai waspada ketika kulit wajah menunjukkan gejala-gejala demikian.

"Faktor nutrisi, polusi dan gaya hidup akan sangat memengaruhi kondisi kulit seseorang. Pemilihan makanan yang salah akan membuat kulit juga tak bagus," kata dokter ahli kecantikan dan nutrisi, Maya Surjadjaja saat acara H2 dari Kalbe Farma di Jakarta, Rabu (28/1).

Namun dari sekian banyak gejala dan masalah penuaan yang dialami perempuan Indonesia, manakah yang membuat perempuan lebih gelisah? Apakah keriput, kusam, kering atau flek hitam?


Mungkin Anda berpendapat keriput adalah masalah utama yang dialami perempuan. Nyatanya lewat survei yang dilakukan Kalbe Farma, masalah penuaan kulit yang paling dikhawatirkan adalah timbulnya flek hitam di wajah.

"Pigmentasi kulit atau flek hitam yang muncul di wajah itu masalah besar buat perempuan," kata Sinteisa Sunarjo, Marketing Deputy Director CHD2 Kalbe Farma. "Hal ini terbukti dari banyaknya perempuan yang mencari-cari produk untuk mengatasi dan menghilangkan flek hitam."

Sinteisa mengatakan, ada sekitar 40 persen perempuan Indonesia yang mengalami masalah ini. "Mungkin bisa lebih sih, karena kadar flek kan berbeda-beda," ucapnya.

Flek hitam di wajah dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah paparan sinar ultraviolet yang berlebihan. Sinar UV ini akan memengaruhi melatonin (zat warna kulit) dalam jaringan kulit sehingga daerah yang terpapar akan mengalami hiperpigmentasi karena keluarnya zat warna kulit yang berlebih.

Di posisi kedua, masalah penuaan yang jadi ketakutan perempuan Indonesia adalah masalah kulit kering. Seperti diketahui, kulit kering adalah penyebab dari berbagai masalah kulit lainnya. Kulit kering akan memicu terjadinya kulit yang kusam.


(chs/mer)