Nongkrong Asyik Sambil Menyesap Nikmatnya Kopi Khas Indonesia

Tri Wahyuni, Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 30/01/2015 14:53 WIB
Ilustrasi kopi (morgueFile/hotblack)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak dulu kopi memang tak pernah kehilangan pesonanya. Laki-laki, perempuan, tua, muda, kaya, miskin, semua suka kopi. Dari restoran sampai di pinggir jalan pun Anda bisa menemukan warung kopi dengan mudah.

Kopi memang tumbuh subur di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Bahkan jenis kopi arabica dan robusta dapat tumbuh subur di Tanah Air kita. Hal ini membuat kopi Indonesia menjadi kaya rasa lantaran berbeda tempat tumbuhnya, berbeda pula cita rasa kopinya.

Meski digempur oleh kehadiran kopi-kopi dari luar negeri dengan segala kreasinya, namun biji kopi lokal Indonesia tetap bertahan. Tak dimungkiri, biji kopi asli Indonesia memang sudah diakui punya rasa dan aroma memikat yang luar biasa.


Semua wilayah Indonesia memiliki kopi khasnya masing-masing dengan rasa yang khas. Kopi Aceh Gayo, Sumatera Mandailing, Toraja Kalosi, sampai Papua Wamena punya karakteristik yang berbeda-beda dan penikmat yang berbeda-beda. Penggemar kopi asli Indonesia umumnya setia dengan pilihannya.

Kebiasaan minum kopi ini kini bukan lagi jadi sebuah ritual penahan kantuk. Minum kopi sudah jadi bagian dari gaya hidup kaum urban masa kini. Mengutip istilah zaman sekarang, 'nongkrong di warung kopi' atau 'ngopi-ngopi cantik.'

Sebagai referensi tempat ngopi asyik sekaligus nikmat menyantap kopi lokal, berikut beberapa lokasi yang bisa jadi pilihan.


(chs/mer)
1 dari 5