Manfaat Buah Nangka: Pelindung Kulit hingga Pelawan Kanker

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Selasa, 03/02/2015 12:08 WIB
Manfaat Buah Nangka: Pelindung Kulit hingga Pelawan Kanker Ilustrasi buah nangka (vo ha Vo/Flickr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Buah nangka terkenal dengan aroma harumnya. Selain dimakan langsung, nangka juga sering digunakan dalam campuran es. Buah berwarna kuning cerah asli India ini, selain rasanya yang manis, ternyata juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Mulai dari daging buahnya yang kenyal sampai bijinya ternyata memiliki banyak nutrisi dan kaya akan mineral. Berikut beberapa manfaat kesehatan dari nangka seperti dilansir dari Healtmeup.

1. Imunitas


Nangka merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Hal ini menjadikannya sebagai antivirus dan antibakteri yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam nangka juga dapat meningkatkan sistem dan fungsi kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat melindungi Anda terhadap penyakit dan infeksi.

2. Melindungi dari kanker

Selain vitamin C, nangka juga mengandung zat yang dapat melawan kanker, yaitu fitonutrien khusus seperti lignan, isoflavon, dan saponin. Nutrisi ini tidak hanya memperlambat radikal bebas yang menyebabkan kanker tetapi juga meningkatkan kehidupan sel-sel lain dalam tubuh.

3. Memperbaiki pencernaan

Nangka yang mengandung banyak serat makanan ternyata dapat digunakan sebagai pencahar. Nangka dapat membantu meningkatkan pencernaan dan juga mencegah sembelit.

4. Kesehatan kulit

Kulit Anda pasti terus-menerus terpapar polusi, sinar UV, asap sehingga menyebabkan kulit kering dan mempercepat proses penuaan. Nangka yang kaya antioksidan dapat membantu memperlambat aktivitas radikal bebas yang menyebabkan proses penuaan kulit.

5. Kesehatan tulang

Nangka juga mengandung sejumlah kalsium yang baik yang dapat membantu memperkuat dan meningkatkan kesehatan tulang. Tambahkan nangka ke dalam program diet jika Anda menderita gangguan tulang seperti osteoporosis. Kandungan kalium pada nangka juga dapat membantu menurunkan hilangnya kalsium melalui ginjal untuk mempertahankan kandungan kalsium dalam tubuh.



(mer/mer)