Hidangan Wajib Ala Perayaan Imlek

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Kamis, 19/02/2015 16:06 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Berikut hal-hal unik tentang makan siang tradisi Imlek seperti dituturkan pakar kuliner dari Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia, Aji Chen Bromokusumo.

Namanya adalah Five Combination Cold and Warm Appetizer.  Melambangkan panjang umur dan kesehatan. Dalam satu piring, ada lima sajian. Ada crabstick, kakap mayones, smoked beef, lumpia, dan ubur-ubur yang dimasak dengan sayur.
Hipio Soup yang berkuah kental ini terbuat dari gelembung renang ikan, atau orang sering menyebutnya perut ikan. Tidak hanya isi perut ikan, sup ini juga berisi jamur kuping. Sup dengan cita rasa gurih ini melambangkan makna ketahanan dan keuletan dalam menghadapi semua kesulitan dalam hidup.
Makanan ini memang tidak selalu ada di setiap meja makan etnis Tionghoa saat perayaan Imlek. Tapi, biasanya roasted duck dihidangkan pada momen-momen spesial dan hari besar, salah satunya Imlek.
Pindang bandeng termasuk sajian khas saat Imlek Di kalangan etnis Tionghoa, bandeng merupakan simbol banyak rezeki dan panjang umur.  Rasa kuah pindang bandengnya begitu gurih dan sedikit manis.
Ca rebung yang dimasak dengan udang ini rasanya gurih dengan sedikit manis. Bagi masyarakat Tionghoa, rebung menunjukkan semangat kehidupan yang baru sesuai dengan filosofi tunas bambu, bu bu gao sheng, yang berarti semakin lama semakin sukses dalam segala hal.
Sea cucumber atau haisom, atau lebih dikenal teripang merupakan salah satu makanan 'mewah' karena tidak disajikan setiap saat. Harganya pun cukup mahal. Teksturnya kenyal dan biasa disajikan dengan jamur.
Nuomi Fan dibuat dari beras ketan dengan tekstur yang lengket dan rasa yang gurih. Dibuat dari ketan yang dikukus dengan pembungkus daun teratai.
Menu khas hot tea dalam
Sejumlah tamu undangan dalam
Penari bersiap melakukan tarian tradisional Tionghoa, di salah satu pusat perbelanjaan, Jakarta, sebagai bagian dari acara Makan Siang Tradisi Imlek.
Warga menyaksikan pertunjukan tradisional Tionghoa Wayang Potehi, di salah satu pusat perbelanjaan, Jakarta. Sebagai bagian dari acara Makan Siang Tradisi Imlek.