Bahaya Fatal Jika Terbiasa Duduk Sambil Menyilangkan Kaki

Windratie, CNN Indonesia | Jumat, 20/02/2015 15:13 WIB
Bahaya Fatal Jika Terbiasa Duduk Sambil Menyilangkan Kaki Berdasarkan penelitian internasional, hampir 40 persen perempuan memiliki kebiasaan duduk dengan kaki terlipat. (CNNIndonesia / Merry Wahyuningsih)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berdasarkan penelitian internasional, hampir 40 persen perempuan memiliki kebiasaan duduk dengan kaki terlipat.

Banyak pendapat mengemuka, benarkah kebiasaan menyilangkan kaki tidak baik bagi kesehatan? Namun, sebuah penelitian mengungkap, seseorang akan jauh lebih baik duduk dengan kaki rata di lantai jika ingin berada di sisi yang aman.

Para ahli sepakat bahwa duduk dengan kaki disilangkan dapat memengaruhi postur tubuh dan tekanan darah.


Saat seseorang duduk dengan kedua kaki diletakkan di tanah, tulang belakang terletak tepat di panggul. Sementara, bila menempatkan satu kaki di atas yang lain, seseorang akan menempatkan peningkatan tekanan pada pinggul, yang melempar keseimbangan tulang belakang.
 
Ahli chiropractic sekaligus penulis buku This Spine of Mine Sheila Callaghan percaya, menyilangkan kaki mengakibatkan rasa sakit di punggung bawah, panggul, pinggul, dan lutut.

“Dengan menggeser posisi pinggul, panggul, dan tulang belakang, menyilangkan kaki memendekkan otot di satu sisi punggung bawah,” kata Sheila, seperti dilansir laman Independent. ie.

“Jika dibiarkan dalam posisi ini, otot-otot ini akan menjadi pendek secara kronis, dan menyebabkan sakit punggung dan kejang.”

Menurut penelitian dalam jurnal Blood Pressure Monitoring, menyilangkan kaki di lutut dapat menyebabkan benjolan tekanan darah. Terjadi pengumpulan darah di kaki saat pembuluh darah dikompresi.

Sementara itu, ahli jantung Stephen Sinatra berpikir, kebiasaan ini memberi kecenderungan peradangan pada pembuluh darah kaki bagian bawah dan mungkin penggumpalan darah. Saran Stephen, hindari menyilangkan kaki selama lebih dari sepuluh menit. Lalu, bangun untuk berjalan singkat setidaknya satu kali selama satu jam.

Menyebabkan varises

Duduk dengan kaki disilangkan juga menyebabkan kemungkinan varises serta pembuluh vena seperti jaring laba-laba (spider veins).  Varises adalah tonjolan warna kebiruan yang terlihat di bawah kulit yang sering terjadi di betis dan kaki.

Situs The New York Times menunjukkan, terdapat lebih dari 12 penelitian besar untuk melihat faktor risiko varises. Mereka belum menemukan kebiasaan kaki disilangkan sebagai salah satu faktor varises.  Sebaliknya, penelitian mengatakan, berdiri selama lebih dari delapan jam sehari akan tingkatkan risiko varises, seperti halnya kehamilan.

Kesimpulannya, duduk dengan kaki disilangkan dapat memengaruhi tekanan darah dan postur tubuh. Namun, ada sedikit bukti bahwa kebiasaan kaki disilang dapat memperburuk penonjolan vena.

Jika masalah sesungguhnya berasal dari duduk untuk waktu lama. Jadi, untuk memerangi itu bangun dan bergeraklah!


(win/mer)