Agar Postur Tubuh Ideal Saat Seharian Duduk di Balik Meja

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Senin, 23/02/2015 07:20 WIB
Agar Postur Tubuh Ideal Saat Seharian Duduk di Balik Meja Mulai dari jam 9 pagi hingga 6 sore, badan kita terus tertekuk sambil berkonsentrasi untuk bekerja di belakang meja. (CNN Indonesia internet/ kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian besar dari pekerja kantoran menghabiskan waktunya berada di balik meja. Bayangkan saja, mulai dari jam 9 pagi hingga 6 sore, badan kita terus tertekuk sambil berkonsentrasi untuk bekerja.

Cara duduk yang salah, akan mengakibatkan kesehatan tulang bermasalah, yang berujung pada menurunnya kinerja di kantor. Tidak hanya kesehatan mata dan stamina yang perlu dijaga.

Agar postur tubuh tetap ideal, berikut adalah tips sehat duduk di balik meja seperti yang dikutip dari Health Me Up pada Minggu (22/2):


1. Atur ketinggian bangku agar kaki Anda tidak terlalu tertekuk atau terlalu melayang dari lantai di saat duduk.

2. Duduklah hingga menyentuh ujung belakang kursi, sehingga pundak Anda bisa bersandar dengan nyaman di sandaran belakang kursi.

3. Tidak hanya ketinggian kaki kursi, tapi atur juga ketinggian sandaran tangan di samping kursi, sehingga lengan Anda masih bisa bersandar di saat mengetik.

4. Aturlah jarak layar komputer Anda hingga tepat berada di garis sejajar arah mata Anda, supaya Anda tidak perlu membungkuk atau mendongkat untuk melihat layar komputer.

5. Janganlah menatap terlalu dekat ke layar komputer Anda. Jarak yang dianjurkan adalah sepanjang tangan Anda.

6. Pastikan juga kalau jarak keyboard dan mouse komputer Anda tidak terlalu jauh dari jangkauan tangan Anda, sehingga Anda tidak perlu terlalu sering merubah posisi duduk.

7. Redupkanlah sedikit cahaya layar komputer Anda agar mata Anda tidak cepat lelah.

8. Lakukanlah terapi 20-20, yaitu setiap 20 menit sekali Anda harus menatap ke sebuah obyek berjarak 20 kaki dari tempat duduk Anda, sebagai relaksasi pencegah penat bekerja.


(ard/ard)