Makanan yang Relatif Aman dari Aturan 'Belum 5 Detik'

Rahmi Suci Ramadhan, CNN Indonesia | Jumat, 27/02/2015 12:23 WIB
Makanan yang Relatif Aman dari Aturan 'Belum 5 Detik' Kue kering alias cookies yang jatuh dapat segera dilahap. (Picjumbo/Viktor Hanacek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Semua pasti pernah menjatuhkan makanan ke lantai. Lantas apa yang dilakukan? Menggerutu, mengambil, lalu membuangnya ke tong sampah? Ataukah mengambil kemudian segera memakannya sebelum jatuh lebih dari lima detik?

Anda mungkin akrab dengan jargon 'belum lima detik' atau sebagian mengenalnya dengan 'belum lima menit'. Jargon tersebut memercayai bahwa makanan yang jatuh tetap baik dilahap selama tergeletak di lantai kurang dari lima detik. Benarkah?

Menurut National Geographic, aturan 'belum lima detik' sebenarnya omong kosong belaka. Faktanya, saat sesuatu menyentuh lantai atau tanah, sedetik pun ia akan sama kotornya dengan lantai atau tanah.


Namun, adakah makanan tertentu yang relatif aman dikonsumsi setelah terjatuh? Jawabannya adalah ya. Hasil studi menemukan, makanan bertekstur basah atau lengket akan terjangkit lebih banyak bakteri daripada yang kering ketika terjatuh.

Selain itu, karpet ternyata cenderung mentransfer lebih sedikit bakteri daripada lantai semen atau kayu keras.

Penelitian ilmuwan Universitas Manchester Metropolitan pun menemukan, dalam waktu tiga detik, makanan jatuh yang mengandung lebih banyak garam atau gula tertempel lebih sedikit bakteri daripada makanan yang mengandung sedikit garam atau gula.

Adapun yang perlu diingat, ada orang yang selama hidupnya akan baik-baik saja memakan apapun dari lantai. Namun ada juga yang langsung jatuh sakit sejak pertama kali melakukannya.
Dilansir dari Fox News, berikut beberapa makanan yang mungkin tidak akan membuat Anda sakit saat dikonsumsi meskipun telah jatuh ke lantai yang relatif bersih.

1. Kue kering, selama bukan kue bertekstur lembab atau lengket. Kue kering alias cookies yang jatuh dapat segera dilahap. Lagipula sejarah menunjukkan, anak-anak sering melakukan hal ini dan mereka baik-baik saja.

2. Biskuit, sama halnya dengan kue kering. Anda tinggal meniup-niup debu dan lekas menikmati biskuit yang jatuh.

3. Pasta kering. Pasta kering aman untuk dikonsumsi setelah terjatuh ke lantai. Terlebih, dia pun akan segera direbus di air mendidih sebelum masuk ke perut Anda.

4. Buah-buahan. Buah-buahan yang belum dipotong atau dikupas kulitnya relatif aman dikonsumsi. Kulit luar dari anggur, apel, dan buah-buahan lainnya berfungsi untuk melindungi buah dari berbagai elemen.

Dengan demikian, setelah dicuci dalam waktu yang singkat saja, buah relatif aman dari aturan 'belum lima detik'.

Meski demikian, Anda perlu mempertimbangkan kembali untuk memakan makanan-makanan tersebut di atas apabila terjatuh ke atas laptop Anda. Sebab, para peneliti di Inggris baru saja menemukan bahwa keyboard laptop lebih kotor dibandingkan dudukan toilet.

Maka, barangkali akan lebih bijak untuk tidak makan dekat-dekat dengan meja kerja Anda.


(win/utw)