Mengenal Perbedaan Penyedap Rasa dan MSG

Tri Wahyuni | CNN Indonesia
Rabu, 04 Mar 2015 06:54 WIB
Di zaman yang serba praktis ini, masyarakat lebih memilih menggunakan penyedap rasa maupun Monosodium Glutamat (MSG) untuk memperkaya rasa makanan. Ternyata penyedap rasa dan MSG berbeda (PhonlamaiPhoto/Thinkstockphotos.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lidah orang Indonesia memang sangat peka akan rasa. Bagaimana tidak, Indonesia kaya akan rempah-rempah dan bumbu. Dari Sabang sampai Merauke, meski berbeda-beda, makanan khas tiap daerah pasti lekat dengan bumbu yang semakin menguatkan cita rasa.

Namun, di zaman yang serba praktis ini, masyarakat lebih memilih untuk menggunakan penyedap rasa maupun Monosodium Glutamat (MSG) untuk memperkaya rasa pada makanan. Tak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mempersiapkan bumbu dan menguleknya. Apalagi di tengah harga bumbu dapur yang semakin melambung. MSG dan penyedap rasa yang berharga murah pun menjadi digandrungi.

Tapi sebenarnya, apa beda MSG dan penyedap rasa? Kapan kita harus menggunakannya dan dengan takaran yang seperti apa?


Gusti Ngurah Retjak, mantan chef yang sudah memiliki pengalaman selama berpuluh tahun dan telah mencetak banyak eksekutif chef, menjelaskan perbedaan antara MSG dan penyedap rasa. Menurutnya, dari fungsinya saja, kedua bahan itu memiliki perbedaan yang mendasar.

"Kalau penyedap rasa itu menambah cita rasa makanan karena terbuat dari kaldu. Kalau dikasih mecin (MSG) efeknya akan memperkuat rasa," kaya Retjak ketika ditemui dalam acara Chef Rendezvous di kawasan Bekasi, beberapa waktu lalu.

Ia pun menganjurkan penggunaan MSG pada setiap makanan seharusnya sedikit saja karena jika terlalu banyak, rasanya akan menyengat.

Hal senada juga disampaikan oleh Chef Ragil. Chef berbadan gempal ini menjelaskan selama pemakaiannya sesuai, penyedap rasa dan MSG tidak terlalu menimbulkan masalah. Bahkan untuk masakan Indonesia. Ia menilai sudah tak perlu lagi menggunakan penyedap rasa atau MSG. "Tapi kadang orang mau jalan pintas jadi enggak bisa dilarang juga," ujarnya.

Jika mau tetap menggunakan penyedap rasa, Anda harus bisa memerhatikan takarannya. Pasalnya, dua gram penyedap rasa sudah bisa digunakan untuk satu liter air.

Apalagi jika Anda sudah menggunakan kecap manis atau kecap asin, penggunaan penyedap rasa dinilai sudah tak perlu lagi. "Sebenarnya apa yang terkandung di penyebab rasa, kecap manis dan asin sudah mengandung itu," pungkasnya.

(mer/mer)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER