Mencicipi Hidangan Istimewa Ala Katering Pengantin

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Jumat, 06/03/2015 17:45 WIB
Mencicipi Hidangan Istimewa Ala Katering Pengantin Culinary Wedding Festival 2015 yang diadakan di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, mulai tanggal 6-8 Maret 2015. (CNN Indonesia/ Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernikahan adalah salah satu momen dalam hidup yang paling sakral. Semua orang pasti berkeinginan melangsungkannya sekali seumur hidup. Persiapan yang matang demi kesempurnaan pesta menjadi poin penting yang harus diperhatikan kedua calon mempelai sebelum melangkah ke jenjang selanjutnya.

Tak hanya dekorasi cantik dan megah, baju indah, juga konsep menawan, calon mempelai pun harus memperhatikan makanan yang nikmat untuk disuguhkan kepada para tamu istimewanya. Selain untuk mengenyangkan perut, makanan juga bisa menunjukkan rasa terima kasih sang empunya acara terhadap tamu yang sudah datang.

Untuk itu, dalam menentukan makanan seharusnya calon mempelai juga memperhatikan hal-hal penting lainnya. Rasa yang enak, penyajian yang menawan, dan kualitas makanan yang baik tentu menjadi pertimbangan.


Jika sedang mempersiapkan sebuah perhelatan momen pernikahan berharga, tetapi masih bingung bagaimana menyiapkan konsepnya, Anda bisa datang ke acara Culinary Wedding Festival 2015 yang diadakan di Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Culinary Wedding Festival 2015 adalah pameran pernikahan pertama yang fokus terhadap makanan. Tahun ini merupakan tahun pertama penyelenggaraan pameran pernikahan yang mengambil tema makanan tersebut.

"Secara filosofis, wedding tidak ada kulinernya tidak seru. Pameran yang paling banyak mendatangkan crowd itu juga biasanya stan atau booth kuliner. Gimmick itu yang ingin kami buat," kata Fajar, ketua penyelenggara Culinary Wedding Festival 2015 dalam konferensi pers, Jumat (6/3) di TMII, Jakarta.

Tak hanya itu, ajang ini juga dijadikan sebagai momen untuk mempopulerkan makanan tradisional Indonesia yang jarang ditemukan di acara pernikahan.

"Kami memilih beberapa menu khas nusantara yang belum populer dan mengharuskan vendor menyajikannya," kata salah satu share holder, Rosita Doddy.

GM Sasana Kriya, Ivonne Susiana menambahkan, setiap vendor katering diminta untuk menyediakan dua sampai tiga menu tradisional yang dipilihkan oleh penyelenggara. "Biasanya mereka menyajikannya yang general, karena yang general lebih laku. Jadi kita push untuk menyajikan yang berbeda," ujarnya.

Menurut Ivonne, jika para vendor menyajikan makanan yang berbeda, konsumen pun akan penasaran untuk mencoba hal baru, termasuk makanan. "Biasanya orang Indonesia suka penasaran kan kalau ada makanan baru. Suka pengen nyobain," imbuhnya.

Dalam acara ini, pengunjung juga bisa mencicipi beberapa makanan di stan vendor katering. Dengan membayar Rp 10 ribu dan mendapatkan 3 buah voucher, Anda bisa mencicipi 3 katering yang diinginkan.

Selain vendor katering, dalam festival ini juga menghadirkan wedding organizer, bridal, jasa foto, video, dekor, juga riasan wajah. Acara ini juga akan dimeriahkan oleh fashion show dari Intan Avantie, Marga Alam, Iranty Purnamasari, dan Gladys N.

Pada 7 Maret nanti, juga akan ada pemecahan rekor MURI dengan atraksi Rijstafel. Atraksi penyajian makan dalam bentuk fine dining ini akan menyajikan 300 menu yang disajikan oleh 100 orang yang memakai pakaian adat Indonesia.

Culinary Wedding Festival 2015 berlangsung mulai tanggal 6 Maret sampai 8 Maret 2015 pukul 10 pagi sampai 10 malam.

(win/utw)