Bahaya Bahasa Kode di Situs Kencan via Internet

Utami Widowati, CNN Indonesia | Selasa, 10/03/2015 19:36 WIB
Bahaya Bahasa Kode di Situs Kencan via Internet Ilustrasi kencan via internet. (StokPic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagaimana orang menggambarkan dirinya saat melakukan kencan via internet. Apakah menyebut diri sebagai orang yang menyenangkan, bertubuh indah, aktif atau kekar? Hati-hati, karena kata yang Anda gunakan dalam profil bisa punya makna ganda di dunia online.

Ada sesuatu yang menantang di dunia online. Para ahli di Silicon Valley menciptakan bahasanya, hanya mereka lupa menyampaikan ke banyak orang, apalagi kamus yang dipublikasikan.

Setelah profil dibuat, Anda mungkin sudah siap untuk memasuki dunia kencan yang mengasyikkan. Hanya saja tak ada yang memberi tahu Anda soal perangkap bahasa.


Jika Anda ingin mencari kekasih lewat internet, Anda harus lebih waspada soal apa yang hendak Anda katakan tentang diri Anda. Bahkan kata yang paling lugu pun bisa dimaknai secara berbeda. Karena bahasa cinta secara online punya makna sendiri.

Ketika direktur e-commerce Alec Shaw Stewart (54) bergabung dengan situs kencan untuk pertama kali, beberapa tahun lalu, dia membuat kesalahaan klasik orang baru di bidang ini.

Ingin menyampaikan tentang siapa dirinya sebagai seorang pria cerdas yang bersemangat dalam hidup, Stewart menggunakan kata "aktif" dalam profilnya. Hasilnya? Badai dari sejumlah perempuan cantik yang ingin menarik perhatian Strewart langsung menyerbu akunnya.  

“Padahal yang saya ingin sampaikan adalah bahwa saya bukan orang yang gemar duduk seharian dan tak melakukan apa pun, “ kata Shaw Stewart seperti dikutip The Telegraph.

"Saya hanya memilih kata yang singkat dan padat tentang bagaimana saya menjalankan pekerjaan saya. Tapi saya lantas menerima banyak ‘serangan’ ini. Kemudian baru saya ketahui perempuan tidak suka kata ‘aktif’ sama sekali. Buat mereka, ini adalah kode bahwa saya ‘sangat dengan mudah gonta-ganti pasangan.'”  

Makna ganda kata yang sama juga ada pada kata "fun" atau senang. “Di dunia nyata, kata ini tak punya konotasi seksual,” kata pegawai sebuah perusahaan kontraktor Jason Thomas (38). "Namun jika seorang gadis menyatakan dia ingin ‘up for fun’ di profil kencannya, saya dengan mudah akan berasumsi bahwa dia sedang berbicara tentang kegiatan ranjang.”
 
Penampilan juga sumber kekisruhan lain. Jika seorang perempuan menggambarkan dirinya sebagai "curvaceous" untuk menggambarkan tubuhnya mirip bentuk Marilyn Monroe, maka maknanya bisa jauh berbeda.

Di dunia kencan online ini bisa bermakna "gendut." "Kata itu memang tidak ofensif buat beberapa orang, tapi jujur saja, sebagian besar orang tahu apa artinya," kata Duncan Cunnngham, direktur The Dating Lab.
 
Pria yang memilih kata tidak berbahaya seperti "stocky" atau kekar dan "well built" bisa diartikan sebagai pria gemuk. Bahkan jika Anda menambahkan kata-kata untuk menggambarkan tubuh seperti "pemain sepak bola" atau "pengangkat beban" maka itu bisa dimaknai sebagai pria yang kecanduan donat.

Menghindari kata-kata tertentu dan memilih kalimat juga belum tentu aman. “Sering tanpa sengaja orang menggunakan kata-kata klise yang malah diartikan dengan cara sinis oleh orang lain,” kata Cunningham.

Ahli kencan via internet Andrew Gibson (47) menyatakan diri sangat paham lampu merah dalam kata-kata yang digunakan dalam kencan via internet.

“Misalnya, jika seorang perempuan terlalu menyentuh soal yang mendasar. Seperti mengatakan dirinya suka pergi ke tempat yang ramai, tapi pada saat yang sama mengatakan senang membuat benda dari tanah liat di rumah, saya curiga, profilnya sangat dibuat-buat,” katanya.

Godaan untuk menulis dengan baik dan menghindari klise memang besar. Namun disarankan untuk memilih sesuatu yang di luar kebiasaan dan tidak terlalu taat tata bahasa. Seperti layaknya saat menulis pesan pendek.

Namun ini pun ada bahayanya, demikian diingatkan oleh salah satu situs kencan Muddy Matches. Gaya menggambarkan diri yang tak pedulian bisa dianggap sikap yang kurang bisa menghormati dan tak layak jadi jodoh potensial.

Apa lagi yang perlu kita ketahui? “Sebuah gambar mengungkapkan seribu makna,” psikolog masalah kencan Madeleine Mason yang sering membawakan acara situs dunia kencan berupa workshop dan seminar ini.  

Mason menyarankan, tidak menggunakan foto yang blur atau tak jelas. Menampilkan foto yang menampilkan orang lain juga jadi pantangan.

“Karena semua orang memulai dari gambar, “kata Mason. “Dan foto yang bagus adalah yang tersenyum dan ini akan jadi fokus, juga cara terbaik untuk menyampaikan  pesan Anda.”


(utw/utw)