Orang yang Menimbang Tiap Hari Lebih Cepat Turun Berat Badan

Windratie, CNN Indonesia | Jumat, 13/03/2015 15:30 WIB
Orang yang Menimbang Tiap Hari Lebih Cepat Turun Berat Badan Orang gemuk dan kelebihan berat badan yang menimbang berat berat setiap hari kehilangan berat lebih banyak dari mereka yang jarang menimbang. (Thinkstock/ereidveto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menimbang berat badan setiap hari dapat meningkatkan antusiasme menjalani hidup sehat. Tak hanya itu, berdasarkan penelitian di Amerika Serikat ini, menimbang berat badan setiap hari pun dapat menurunkan berat berat badan yang lebih besar.

Orang gemuk dan kelebihan berat badan yang menimbang berat berat setiap hari kehilangan berat lebih banyak dari mereka yang jarang menimbang. Bisa jadi, dengan menimbang setiap hari seseorang akan membuat keputusan mengonsumsi makanan dan berolahraga lebih baik, kata peneliti seperti dilansir dari laman Reuters.

“Menimbang tubuh setiap hari memicu pemahaman apa yang dimakan seseorang dan bagaimana hal tersebut memengaruhi berat badan mereka,” kata Dori Steinberg, ahli gizi peneliti dari Duke Global Health Institute di Universitas Duke, Durham, North Carolina.


“Mereka lebih mungkin mengurangi porsi asupan, makan sayuran dengan cukup atau menggunakan pedometer (alat pengukur langkah).”

Penelitian terakhir menunjukkan, pemantauan diri dengan memerhatikan jumlah langkah atau asupan makanan, membantu seseorang menyesuaikan perilaku sejalan dengan tujuan hidup sehat, kata Steiberg  yang ditulis dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietitics.

Untuk melihat efek menimbang berat setiap hari ini, peneliti merekrut 91 orang berusia antara 18 dan 60 tahun yang tidak memiliki kondisi kesehatan berat, dengan tingkat berat antara kelebihan berat ringan saja sampai obesitas.

Mereka dibagi ke dalam kedua kelompok. Secara acak satu kelompok ditugaskan ke dalam intervensi penelitian, dan lainnya tidak.

Pada awal penelitian dan berikutnya enam bulan kemudian, peserta mengisi kuesioner tentang diet, olahraga, dan perilaku yang berhubungan dengan kesehatan lainnya. Semua kelompok diberikan penimbang dengan koneksi internet nirkabel yang menyampaikan data ke situs web.

Kemajuan mereka ditampilkan setiap hari. Semua kelompok responden diminta menimbang tubuh setiap hari.

Para peserta kelompok intervensi menerima email mingguan termasuk tips dan strategi penurunan berat badan. Sementara kelompok pembanding tidak menerima apa pun.

Dalam enam bulan, para peneliti menemukan bahwa penimbang tubuh harian kehilangan sekitar enam kilogram, sementara mereka yang menimbang berat tubuh mereka selama lima hari, bahkan kurang, setiap minggu kehilangan sekitar tiga kilogram.

Penimbang berat tubuh harian juga mengadopsi perilaku pengendalian berat badan. Misalnya, mengurangi makanan ringan dan memotong jumlah makanan saat makan di restoran, berolahraga lebih sering, dan mengurangi waktu nonton televisi.

Penimbang harian melakukan setidaknya 17 perilaku positif. Sementara mereka yang lebih jarang menimbang tubuh hanya mengadopsi tujuh perilaku positif.


(win/mer)