Tips Aman Memandikan Bayi untuk Para Ayah

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2015 08:41 WIB
Tips Aman Memandikan Bayi untuk Para Ayah Ilustrasi ayah dan anak. (Flickr/Anieto2k)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sentuhan ayah yang diberikan pada bayinya saat mandi memberikan banyak manfaat bagi sang anak. Selain membina kedekatan, memandikan anak juga bisa merangsang pengaktifan saraf anak.

Sayangnya, tidak banyak ayah yang mau turun tangan langsung memandikan anaknya. Merasa ini merupakan tugas sang ibu, ayah pun punya sejuta alasan untuk tidak memandikan anak. Mulai dari takut, sampai tidak tahu caranya.

Padahal, menurut praktisi neuroscience terapan, Anne Gracia, memandikan anak merupakan suatu kegiatan terpenting untuk mendukung perkembangannya.


Sifat ayah yang lebih teknis juga dipercaya dapat memberikan manfaat tersendiri. Dengan mengajak anak mengobrol saat memandikan atau memakaikan baju, akan membuat ayah mengenali anaknya lebih detail, membuat anak lebih komunikatif, dan membangun kedekatan antara anak dan ayah.

Bagi Anda para ayah yang ingin memandikan anaknya, tak perlu khawatir. Dengan sedikit bimbingan dari istri Anda dan membaca langkah-langkah di bawah ini, Anda bisa mulai memandikan anak-anak Anda sejak mereka bayi.

1. Jika Anda terbiasa menggunakan tangan kanan untuk melakukan sesuatu, pegang anak Anda dengan tangan kiri. Sementara tangan kanan nantinya digunakan untuk membasuhkan air dan sabun. Atau sebaliknya jika Anda terbiasa menggunakan tangan kiri.

2. Angkat anak Anda menggunakan tangan kiri, pegang kepala bagian belakangnya.

3. Letakkan tangan kanan bayi melintasi tangan kiri Anda untuk mengunci posisi.

4. Letakkan jari tengah tangan kiri Anda di bagian leher. Atau jari telunjuk dan jari tengah.

5. Sementara jari manis dan kelingking letakkan pada ketiak anak. Posisi ini dimaksudkan untuk mengunci anak agar tidak mudah lepas dari genggaman tangan Anda.

6. Angkat anak Anda ke dalam bak mandi yang telah terisi air secara perlahan. Sebelumnya, isi air sepertiga bagian dari bak mandi.

7. Basuh tubuh anak dengan tangan kanan. Bersihkan dengan menggunakan sabun.

8. Jangan lupa membersihkan bagian punggungnya untuk mencegah biang keringat. Caranya dengan memiringkan sedikit posisi anak. Hati-hati jangan sampai kepalanya tenggelam.

9. Jika telah selesai, angkat anak dari bak mandi kemudian letakkan di atas handuk yang telah disiapkan sebelumnya. Hal ini berfungsi untuk mengembalikan suhu tubuh anak.

10. Pakaikanlah minyak yang dapat menghangatkan tubuhnya, pakaikan bedak, kemudian pakaikan bajunya.

(mer/mer)