Penyebab Bayi Rewel Saat Mencium Aroma Parfum

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2015 15:03 WIB
Penyebab Bayi Rewel Saat Mencium Aroma Parfum Ilustrasi bayi rewel (Thinkstock/NikolayK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernahkah Anda sudah berdandan rapi dan wangi, tapi bayi Anda tetap rewel jika digendong? Atau ketika pergi ke pesta, bayi Anda tak berhenti menangis?

Salah satu penyebab bayi rewel dan menangis ketika berada di situasi tersebut disebabkan oleh aroma parfum yang Anda atau orang di sekitar Anda gunakan.

Menurut praktisi neuroscience terapan, Anne Gracia, bayi akan rewel jika menghirup wewangian yang terlalu kuat untuknya. "Bayi mencium parfum rewel karena dia terganggu dengan olfaktorinya (penciuman)," kata Anne saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.


Anne menyarankan, sebaiknya tidak mendekati anak jika memakai parfum. "Kalau dekat-dekat anak jangan pakai parfum karena itu terlalu kuat. Bayi butuh aroma kelembutan," ujarnya.

Aroma kelembutan yang ramah untuk bayi seperti chamomile, ekstrak bunga canola, lavender, atau bunga-bunga lainnya.

Jika di kecil merasa tidak nyaman dengan aroma wewangian yang Anda pakai, bahkan si kecil bisa mengalami alergi. Yang jelas terlihat adalah bersin-bersin.

Untuk itulah produk-produk bayi didesain dengan wangi-wangian yang lembut agar terhindar dari alergi sampai kerusakan saraf. Pasalnya, penggunaan produk yang mengandung wewangian berlebih dan bahan berbahaya bisa membuat iritasi pada kulit bayi, hiperaktif, sampai perubahan perilaku.

(mer/mer)