Keajaiban Kalsium, Tak Hanya untuk Tulang Tapi Juga Jantung

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Senin, 23/03/2015 11:58 WIB
Keajaiban Kalsium, Tak Hanya untuk Tulang Tapi Juga Jantung Ilustrasi (Getty Images/Eraxion)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah bukan rahasia bahwa kalsium sangat baik untuk tulang. Kandungan itu memperkuat tulang. Namun, tidak banyak yang menyadari kalsium punya manfaat lain, yaitu kesehatan jantung.

"Kalsium sangat penting untuk kelangsungan fungsi normal dari jantung," ujar ahli kardiologi dari Ohio State University, William Abraham seperti dikutip daro Everyday Health.

"Kalsium memengaruhi kerja secara elektris dari jantung dan dalam kontraksi serta relaksasi otot jantung," kata Abraham melanjutkan.


Abraham menjelaskan, kandungan kalsium dalam tubuh akan memengaruhi aktivitas sel otot jantung. Secara otomatis, itu juga memberikan efek pada kinerja jantung dalam memompa darah.

Kandungan kalsium yang dibutuhkan berbeda-beda. Bagi dewasa berusia 19 hingga 50 tahun dan pria segala umur, Institute of Medicine (IOM) menyarankan untuk mengonsumsi kalsium 70 - 1000 miligram per hari.

Sedangkan untuk wanita 51 hingga 70 tahun dan semua lansia di atas 71 tahun, disarankan mengonsumsi 1200 miligram kalsium per hari.

Kandungan kalsium tertinggi berada pada ikan dan olahan susu, terutama yang rendah lemak. Selain tinggi kalsium, makanan jenis tersebut juga mudah ditemukan dan disantap.

Bagi para vegetarian, makanan dengan kandungan kalsium tinggi dapat ditemukan di olahan kedelai seperti susu kedelai, tahu tofu, dan yang lainnya. Selain dari kedelai, kacang-kacangan seperti almond juga mengandung kalsium yang cukup dibutuhkan oleh tubuh.

Guna memudahkan Anda melihat bahan-bahan makanan yang mengandung kalsium, berikut daftar makanan beserta kandungan kalsiumnya.

1. Tofu (mentah, olahan), 1 cup - 861 mg
2. Keju Cheddar (diparut), 1 cup - 763 mg
3. Keju Feta (hancur), 1 cup - 740 mg
4. Kacang Almonds (panggang kering), 1 cup - 370 mg
5. Ikan Sardin , kaleng 225 gram - 351 mg
6. Susu skim, 1 cup - 316 mg
7. Ubi jalar (rebus), 1 cup - 89 mg
8. Telur (matang) - 28 mg


(rsa/mer)