Tak Meleleh, Keju Lembaran Bukan Keju Sungguhan?

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 23/03/2015 15:55 WIB
Tak Meleleh, Keju Lembaran Bukan Keju Sungguhan? Keju biasa seharusnya meleleh saat dipanaskan. (michael Stern/Flickr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang koki Meksiko terperanjat saat melakukan uji coba sederhana di dapurnya. Ia membakar keju lembaran yang dijual bebas di minimarket. Koki bernama Jose Raul Reyes itu tidak menggunakan peralatan seperti wajan atau microwave. Ia langsung membakarnya di atas api.

Apa yang terjadi? Seharusnya, keju itu meleleh. Namun alih-alih menjadi cairan kental, keju itu perlahan menghitam dan menjadi hangus, persis seperti plastik yang dibakar. Tak ayal, Reyes yang memfilmkan eksperimennya, langsung syok.

"Saya mencobanya setelah mendengar dari teman saya, bahwa keju lembaran bukanlah keju sungguhan dan tidak akan meleleh saat dipanaskan," ujar Reyes, seperti dikutip dari Medical Daily. Ia tidak percaya, dan memilih memvideokannya. Reaksi keju membuatnya kaget.


Video Reyes yang dibagikan di YouTube langsung mengundang banyak komentar. Salah satunya berkata, "Kenapa menteri tidak melarang sesuatu yang seperti ini, yang jelas-jelas bukan keju." Yang lainnya mengklaim keju mirip plastik itulah yang menjadi penyebab naiknya kanker.

Benarkah demikian?

Sebuah eksperimen lain yang lebih profesional dilakukan di Amerika Serikat. Kali ini keju yang digunakan beragam. Hampir seluruh merek keju lembaran dicoba dipanaskan. Salah satu merek pun kemudian merilis video penjelasan.

Mengapa keju lembaran tidak meleleh meski dipanaskan dengan suhu tinggi? Perusahaan itu mengklaim, itu tidak membuktikan bahwa keju mereka palsu. Keju itu tetap sehat untuk dimakan. Hanya saja, kandungannya memang bukan 100 persen keju murni seperti buatan rumahan.

Ada produk-produk tambahan di dalamnya. Salah satunya adalah emulsifier, bahan yang biasa ditambahkan di dalam makanan olahan untuk meningkatkan tekstur dan memperpanjang usianya. Bahan itu membuat keju tidak meleleh meski dipanaskan. Tujuan emulsifier baik, yakni untuk mengikat protein dan lemak yang dibutuhkan.

Medical Daily menjelaskan, keju lembaran merupakan salah satu jenis keju paling populer di dunia. Harganya lebih murah dibanding keju natural, dan daya tahannya lebih panjang. Namun, kandungannya memang bukan keju sempurna.

Huffington Post mengutip kandungan bahan detail di dalam selembar keju yang biasa di pasaran:

- Keju cheddar
- Air dadih (susu sapi yang dikentalkan)
- Air
- Konsentrat protein
- Susu
- Sodium sitrat
- Kalsium fosfat
- Lemak susu
- Gelatin
- Garam
- Sodium fosfat
- Laktat sebagai pengawet
- Ekstrak paprika atau buah lain untuk warna
- Enzim
- Vitamin A
- Keju buatan
- Vitamin D3

(rsa/mer)