Trik Memakai Maskara Sesuai Bentuk Bulu Mata

Rahmi Suci Ramadhani, CNN Indonesia | Rabu, 25/03/2015 13:22 WIB
Berikut adalah beberapa tips aplikasi maskara agar mata tampak cantik dengan bulu mata yang panjang dan lentik. Maskara merupakan salah satu kosmetika paling tua yang dikenal hingga kini (Thinkstock/SerrNovik)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memiliki mata yang cantik tentu menjadi idaman setiap perempuan. Aktris cantik Audrey Hepburn bahkan menyebut mata sebagai bagian tubuh yang memperlihatkan kecantikan kaum hawa.

"The beauty of a woman must be seen from in her eyes, because that is the doorway to her heart, the place where love resides," demikian bunyi kutipan Hepburn yang terkenal mengenai mata dan kecantikan.

Sebagian besar orang boleh setuju bahwa kecantikan terpancar dari dalam diri. Walau demikian, mengenakan riasan juga bukan sesuatu yang salah. Katanya, "Inner beauty is great but a little mascara never hurts."


Oleh karena itu, perempuan sah saja memakai maskara untuk mempercantik tampilan mata. Mengutip situs Australian Mascaras Directory, maskara merupakan salah satu kosmetika paling tua yang dikenal hingga kini. Maskara telah digunakan sejak tahun 2000 sebelum Masehi oleh perempuan di Mesir.

Meski telah menjadi kosmetika yang populer di kalangan perempuan, tak sedikit perempuan yang kesulitan mengenakan maskara. Berikut adalah beberapa tips aplikasi maskara agar mata tampak cantik dengan bulu mata yang panjang dan lentik.

1. Pilih jenis maskara sesuai kebutuhan

Ada beragam jenis maskara yang dijual di pasaran. Anda perlu memilih sesuai dengan kebutuhan. Pertama-tama, Anda perlu melihat bulu mata dan bentuk mata.

Juliyati, Sales & Development Manager Benefit Indonesia, salah satu brand kosmetika menuturkan, bulu mata panjang namun lurus minimal perlu maskara yang berfungsi melentikkan bulu mata.

Saat ini, terdapat brand kosmetik yang menyediakan varian maskara berteknologi melentikkan bulu mata (curling mascara) tanpa perlu penjepit bulu mata.

Bagi perempuan berbulu mata pendek dan turun, disarankan memilih maskara yang memanjangkan bulu mata (lengthening mascara). Maskara pelentik dapat digunakan setelahnya agar mata pun tak hanya tampak lebih panjang, namun juga lentik.

"Para wanita kebanyakan ingin bulu matanya lentik karena kelihatan cantik dan flirting banget kalau dilihat dari depan," kata Juli yang ditemui usai acara peluncuran produk terbaru Benefit, Roller Lash Mascara di Artotel, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Juli menuturkan, bagi perempuan yang telah dianugerahi bulu mata yang panjang nan lentik, maskara dengan formula penambah volume (volumizing mascara) dapat digunakan agar mata terlihat lebih hidup.

2. Cara aplikasi maskara agar efek maksimal

Jika digunakan terlalu sedikit, maskara tidak akan terlihat. Sebaliknya, jika terlalu banyak, efek mata panda justru tak menampilkan kesan cantik.

Oleh sebab itu, perempuan harus belajar mengeluarkan maskara dari tabungnya dengan takaran yang pas agar efek yang diinginkan dapat tercipta.

Di samping itu, lengthening mascara yang berfungsi menaikkan dan membuat panjang bulu mata memiliki cara penggunaan yang spesifik. "Cara penggunaannya harus di-zigzag kemudian diangkat dengan ujung sikatnya," kata Juli.

Ia menambahkan tip lainnya, "Biasanya untuk mata yang kecil, kelopak mata harus diangkat dulu, bisa pakai cotton bud atau jari tangan. Lalu usapkan maskara dari akar bulu mata."

3. Jangan terlalu sering menggunakan maskara anti-air

Kebanyakan perempuan ingin efek maskara pada bulu mata tahan lama sehingga kerap memilih maskara yang anti-air (waterproof mascara). Padahal maskara anti-air tidak baik jika digunakan sering-sering.

"Maskara waterproof itu formulanya cukup harsh untuk mata. Pada saat kita membersihkannya, kita put pressure. Itu enggak bagus untuk mata," tutur Daisy Utami, Brand Manager Benefit Indonesia.

Dengan demikian, ada baiknya menggunakan maskara anti-air saat amat dibutuhkan, misalnya untuk menghadiri momen penting seperti pernikahan atau acara keluarga lainnya.

Sementara itu, untuk penggunaan sehari-hari, maskara tahan air (water resistant mascara) yang lebih ramah untuk mata dan bulu mata bisa menjadi pilihan.

4. Bijak menggunakan eyeliner dan maskara

Untuk tampilan minimalis yang maksimal, aplikasi maskara cukup dikombinasikan dengan eyeliner yang tipis agar efeknya terlihat atau tidak tersamar dengan eyeliner.

Meski demikian, Juli menuturkan penggunaan eyeliner juga dapat disesuaikan untuk tampilan lain yang diinginkan.

"Bisa pakai eyeliner yang tebal sesuai dengan ukuran kelopak mata lalu diberikan wing di ujungnya. Itu supaya ada kesan seksi dan glamour," kata Juli.

5. Gunakan pembersih khusus maskara

Penggunaan maskara perlu diiringi dengan pembersih (remover) maskara yang tepat. Juli menyarankan menggunakan pembersih khusus maskara.

"Remover bisa ditaruh di kapas lalu diusap saja. Atau jika hanya ingin membersihkan maskaranya saja, taruh di cotton bud lalu usapkan di bulu matanya," ujarnya.

Ia menambahkan mata tidak boleh dikucek karena daerah sekitar mata yang sensitif mungkin terkena iritasi.


(mer/mer)