Tips Memilih Udang Pancet yang Segar

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Sabtu, 28/03/2015 18:30 WIB
Tips Memilih Udang Pancet yang Segar Ilustrasi udang (morgueFile/Oleander)
Jakarta, CNN Indonesia -- Maraknya aksi rekondisi makanan laut yang terjadi belakangan ini membuat kita semua waspada. Pasalnya sudah banyak pedagang yang sangat mahir melakukan kecurangan.

Bahkan aksi mereka mengubah hasil laut yang memiliki kondisi buruk menjadi seperti baru kadang bisa mengecoh pembeli. Tapi, jangan khawatir sepandai-pandai tupai melompat pasti bisa jatuh juga.

Sepandai-pandainya mereka berbuat curang pasti ada sela. Anda hanya butuh mengetahui beberapa tips jitu untuk membedakan mana hasil laut yang masih segar dan mana yang tidak.


Executive chef Horison Hotel, Fatahillah memberikan sebuah tips untuk memilih makanan laut yang masih segar, yaitu udang pancet. Udang pancet adalah udang yang berukuran besar dan berwarna hitam.

"Tips udang segar warnanya masih hitam kulitnya," kata Fatahillah saat ditemui di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan. Menurutnya, udang yang masih warna hitam adalah udang yang segar, bukan yang berwarna putih.

"Kalau sudah pucat dan putih itu sudah lama. Sudah lama dibekuin juga," katanya. "Yang segar aromanya juga masih amis enggak bau busuk," ujarnya menambahkan.

Terkait penjualan udang beku, Fatahillah mengatakan baunya memang samar-samar namun tetap bisa dibedakan dari warnanya. "Kalau udang beku walaupun di frozen warnanya tetap hitam bagus," katanya menjelaskan.

Fatahillah juga menyebutkan jika makanan laut yang sudah lama jika dikonsumsi akan membuat lidah gatal. "Kalau udang sudah lama di lidah bisa gatal. Cumi dan ikan juga," katanya. (chs/chs)