Hydrafacial, Basmi Komedo dengan Singkat Tanpa Rasa Sakit

Rahmi Suci Ramadhan, CNN Indonesia | Senin, 30/03/2015 16:18 WIB
Hydrafacial, Basmi Komedo dengan Singkat Tanpa Rasa Sakit Penggunaan alat hydrofacial di rumah sakit. (Dok. RS Bethsaida)
Jakarta, CNN Indonesia -- Demi mengatasi permasalahan kulit akibat iklim tropis, facial menjadi salah satu teknik perawatan yang populer dan cukup rutin dilakukan, khususnya oleh para perempuan. Namun saat melakukan facial, istilah 'beauty is pain' tampak ada benarnya.

Teknik facial kerap menimbulkan rasa tidak nyaman karena rasa sakit, terutama saat pembersihan komedo. Belum lagi, adanya efek samping berupa iritasi. Tak demikian halnya dengan hydrafacial.

"Hydrafacial merupakan teknologi yang menggabungkan facial dan mikrodermabrasi. Teknologinya memakai vakum jadi tidak sakit," kata Inneke Halim, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Bethsaida Hospitals ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (30/3).


Inneke menjelaskan, berbeda dengan facial biasa, hydrafacial tak menimbulkan rasa sakit dan iritasi. Hal ini dikarenakan teknik tersebut menggabungkan proses perawatan bersamaan dengan memasukkan serum yang mengandung antioksidan.

"Dia membersihkan sekaligus mengangkat komedo. Selain itu juga melembabkan karena ada memasukkan nutrisi," kata Inneke.

Keunggulan lain dari hydrafacial adalah waktu perawatan yang relatif singkat yakni 30 menit. Inneke memaparkan, ada empat tahap perawatan yang berfungsi membersihkan, mengelupas, serta mengangkat kulit mati dan komedo itu.

Pertama adalah tahap pembersihan atau cleansing. Wajah harus dibersihkan untuk mengangkat kotoran agar tidak ada peradangan. Setelah itu, tahap pengelupasan atau exfoliating. Pada tahap ini, digunakan alat khusus seperti vakum yang berbentuk spiral di ujungnya.

"Sambil memvakum dia mengeluarkan serum tujuannya untuk melunakkan minyak dan kotoran sehingga ketika disedot sudah lunak," ujar Inneke.

Tahap selanjutnya adalah ekstraksi komedo. Wilayah wajah yang paling umum dibersihkan dari komedo adalah daerah T, yaitu sekitar dahi hingga hidung. Terakhir adalah tahap memasukkan nutrisi yang mengandung antioksidan. Proses tersebut juga dilakukan dengan menggunakan alat khusus sehingga lebih meresap ke dalam kulit.

"Komedo, jerawat, flek hitam, kerut halus semua bisa diatasi dengan hydrafacial. Asal perawatannya rutin, umumnya sekitar 6-10 kali perawatan," kata Inneke.

Ia merinci, pada awal perawatan, hydrafacial biasanya dilakukan setiap minggu selama tiga kali. Lalu, tiga kali perawatan setiap dua minggu. Setelahnya, umumnya satu kali dalam sebulan dilihat dari kebutuhan.

Inneke menambahkan, hydrafacial aman dilakukan oleh pasien mulai dari usia 12 tahun. Adapun biaya perawatan yakni sekitar Rp 300 ribu untuk satu kali perawatan.

(win/utw)