Enam Alasan Olahraga Pagi Itu Penting

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 31/03/2015 06:48 WIB
Enam Alasan Olahraga Pagi Itu Penting Seorang pria berolah raga lari di pagi hari. (Thinkstock/EpicStockMedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pagi hari Anda akan terasa lebih menyenangkan jika dimulai dengan berolahraga. Akan tetapi rasanya pasti malas kalau harus mulai gerak badan pagi-pagi. Apalagi kalau sampai harus mengorbankan waktu tidur Anda. Duh malas!

Dikutip dari Ask Men, olahraga di pagi hari punya banyak manfaat yang tak terduga. Nyatanya, olahraga pagi hari bukan hanya soal jadi lebih sehat dan hari jadi lebih bersemangat.

1. Membangun konsistensi
Anda mungkin saja punya niat baik untuk bisa berolahraga setelah jam makan siang atau setelah bekerja. Sayangnya, setelah semua aktivitas Anda selesai, olahraga justru jadi daftar terakhir dari tugas harian. Parahnya lagi, bisa jadi olahraga justru jadi tak tersentuh.


Nah, olahraga di pagi hari akan membantu menghindari hal ini. Biasakan olahraga jadi hal pertama yang dilakukan di pagi hari.

2. Melonjakkan metabolisme tubuh
Olahraga akan membantu meningkatkan metabolisme dan mempertahankannya selama beberapa jam. Lalu mengapa tidak membuat metabolisme Anda berjalan lebih cepat?

Caranya, ya dengan olahraga di pagi hari. Lewat cara ini, Anda akan meningkatkan metabolisme dan juga membakar lebih banyak kalori, terutama bagi pekerja kantoran yang banyak duduk.

3. Mengatur nafsu makan
Latihan olahraga di pagi hari akan membantu Anda mengatur nafsu makan dalam satu hari. Berkat olahraga, secara bertahap Anda akan menemukan bahwa waktu makan Anda jadi sangat teratur. Akibatnya, Anda tak akan terlalu banyak ngemil.

4. Meningkatkan kewaspadaan
Olahraga pagi-pagi akan meningkatkan kewaspadaan seseorang. Ketika Anda berolahraga sebelum kerja dimulai, maka Anda juga diklaim akan jadi lebih siap untuk 'bertempur' di kantor.

Olahraga di pagi hari juga akan meningkatkan ketajaman mental seseorang selama 4-10 jam setelah latihan. Hal iini disebabkan kaena peningkatan aliran darah yang kaya oksigen ke otak.



5. Tidur lebih berkualitas
Berolahraga teratur akan menghasilkan pola tidur yang lebih baik.Tubuh akan memberitahu bahwa ini saatnya untuk tidur. Namun saat Anda 'memaksa' jam kerja tubuh ini untuk tidur dengan aturan yang ideal.

Ketika olahraga dilakukan pagi hari, otomatis tubuh akan merasa lelah dan ingin tidur. Ini akan memberi otak sebuah jam tidur dan momen tidur yang layak.

6. Memaksimalkan diet
Bagi yang tengah diet dan ingin memiliki otot tubuh maka olahragalah di pagi hari. Anda mungkin tergoda untuk olahraga dengan perut kosong. Anggapannya, olahraga ini akan membantu membakar lemak dari otot dan menyisakan ototnya. Ketahuilah, hal ini tak aka terjadi.

Sebaliknya, mulailah olahraga di pagi hari setelah sarapan. Olahraga akan membantu mengejutkan sistem pencernaan Anda dan membuat fase katabolik dalam tubuh. Mulailah hari dengan menyantap makanan yang renah kalori, misalnya apel, yoghurt, atau apel. Camilan ini akan memberikan energi yang dibutuhkn satu jam dan terbakar dengan cepat.

Olahraga pagi hari akan membantu program diet Anda. Pasalnya, olahraga pagi akan mengatur makan siang Anda.

(chs/utw)