Membuat Sendiri Kudapan Pendamping Minum Teh

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2015 10:23 WIB
Entah itu biskuit atau kue kering lainnya, rasanya kurang nikmat jika teh Anda tak ada kudapan pendampingnya. Kudapan nikmat dari olahan biskuit dan buah. (Tri Wahyuni/CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai salah satu negara penghasil teh di dunia, tentu masyarakat Indonesia akrab dengan minuman harum ini. Bisa dibilang juga teh merupakan salah satu minuman populer di Indonesia.

Coba ingat, minuman apa yang Anda pilih ketika memesan makanan di kantin? "Es teh satu." Kata-kata itu pasti sering terlontar dari bibir Anda saat memesan minuman.

Tak dapat dimungkiri lagi, aromanya yang harum dan rasanya yang unik membuat teh menjadi favorit banyak orang. Panas, dingin, manis, pahit, teh memang nikmat dikonsumsi kapan pun, di mana pun, dan oleh siapa pun.


Bagi Anda yang punya kebiasaan menyeruput teh hangat di pagi, sore, atau malam hari, pasti Anda sering mendambakan kehadiran makanan pendamping. Entah itu biskuit atau kue kering lainnya, rasanya kurang nikmat jika teh Anda tak ada kudapan pendampingnya.

Kudapan nikmat untuk menemani minum teh Anda (Tri Wahyuni/CNN Indonesia)


Daripada bosan menyantap itu-itu saja untuk melengkapi ritual minum teh Anda, ada baiknya Anda mencoba kreasi menu sendiri.

Salah satu yang bisa Anda coba adalah Monde Glassatin Strawberry Shortcake dari Chef Adhika Maxi, private chef sekaligus pemilik restoran Union.

Bahan-bahan:

1 bungkus Monde Glassatine
300 ml cooking cream
1 sdm gula bubuk
1/2 sdt esens vanila
Buah stroberi
Selai stroberi

Cara membuat:

1. Bagi Monde Glassatine menjadi dua bagian, atas dan bawah. Hati-hati memisahkannya karena Glassatine ini sejenis puff pastry yang mudah hancur.

2. Potong stroberi berbentuk dadu kecil-kecil. Pilihlah stroberi yang matang dan tidak terlalu asam untuk menambah rasa manis pada penganan ini nantinya.

3. Masukkan selai stroberi pada pipping bag.

4. Untuk membuat krimnya, campur cooking cream, gula, dan esens vanila dalam sebuah wadah. Kocok dengan menggunakan balloon whisk kurang lebih 4 menit sampai teksturnya benar-benar lembut.

5. Masukkan krim tadi ke dalam pipping bag.

6. Ambil bagian bawah dari Monde Glassatine dan taruh krim tadi di atasnya sampai menutupi semua bagian. Lanjutkan dengan memberikan beberapa potong stroberi. Jangan lupa tambahkan sedikit selai stroberi untuk memperkuat cita rasanya.

7. Letakkan bagian atas Monde Glassatine hingga berbentuk seperti sandwich. Untuk mempercantik tampilan, tambahkan sedikit krim di atas Glassatine dan letakkan raspberry.

8. Monde Glassatine Strawberry Shortcake siap menjadi teman minum teh Anda.


(mer/mer)