Resep Dendeng ala Rumah Makan Padang dari Sisca Soewitomo

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2015 15:39 WIB
Resep Dendeng ala Rumah Makan Padang dari Sisca Soewitomo Dendeng balado, makanan tradisional dari Sumatera Barat (Dok. https://commons.wikimedia.org)
Jakarta, CNN Indonesia -- Daging yang renyah dengan tambahan sambal cabai merah yang gurih dan menggugah selera selalu menjadi incaran perut-perut yang lapar di rumah makan khas Minang. Apalagi kalau bukan dendeng balado.

Penganan yang satu itu memang begitu populer. Penggemarnya ada di mana-mana. Tak hanya orang asli Minang. Pedas dari sambalnya dan gurih dari dagingnya sangat pas jika dipadukan dengan nasi panas, sayur santan, dan bumbu lainnya khas masakan Padang.

Bagi Anda yang sangat menggemari dendeng balado, tak ada salahnya mencoba membuat sendiri di rumah. Ternyata untuk mendapatkan dendeng yang renyah, caranya cukup sederhana.


Pakar boga, Sisca Soewitomo berbagi resepnya untuk membuat dendeng balado yang renyah. Hal yang pertama harus dilakukan adalah memotong daging tipis-tipis.

Kemudian, daging dibumbui dengan menggunakan garam, merica, serta bawang putih yang dihaluskan agar rasanya gurih. "Setelah itu jemur di terik matahari sampai kering, baru digoreng," kata Sisca, saat ditemui dari di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Jika matahari tak kunjung muncul sementara Anda sudah ingin memasak dan menyantap dendeng balado yang renyah, Sisca memberikan satu tips lagi.

"Daging yang sudah dikasih bumbu ditaruh di atas pan tanpa minyak. Ini cara mengeringkan dengan dipanggang," kata Sisca menjelaskan. "Nanti airnya akan keluar. Setelah itu tetap digoreng lagi," ujarnya menambahkan.

Untuk sambalnya, Anda hanya perlu menyiapkan cabai merah besar, cabai rawit, dan air jeruk nipis. Ulek cabai atau blender cabai, tapi jangan terlalu halus, setelah itu ditumis dengan minyak. Untuk menambah cita rasa Anda dapat memberikan air jeruk nipis.

Langkah terakhir adalah mencampurkan daging dalam sambalnya. Aduk sampai sambal merata, angkat dan sajikan.


(mer/mer)