Alasan Pria Sulit Ucapkan Maaf yang Terbukti Secara Ilmiah

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2015 14:38 WIB
Alasan Pria Sulit Ucapkan Maaf yang Terbukti Secara Ilmiah ilustrasi (Takmeomeo/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seringkali hubungan pacaran dan pernikahan bisa kacau karena permintaan maaf. Di satu sisi, perempuan selalu menunggu permintaan maaf dari pasangannya, sedangkan si pria tak mau minta maaf.

Sudah jadi rahasia umum kalau pria tergolong orang yang susah sekali minta maaf, sekalipun memang jelas-jelas salah. Jangan buru-buru kesal akan hal ini. Pasalnya, studi sudah mengonfirmasi bahwa semua pria memang mengalami kesulitan untuk melontarkan sebuah permintaan maaf.

Padahal bagi orang lain, "Saya minta maaf," punya segudang manfaat. Permintaan maaf memiliki kekuatan luar biasa untuk memvalidasi perasaan, menyembuhkan luka hati, mengurangi stres dan ketegangan dalam hubungan, menghilangkan dendam dan lainnya.


Menurut studi, sulitnya pria minta maaf ini memang murni karena masalah gender. Selain itu apa sih yang buat pria susah minta maaf?

1. Dia tak berpikir kalau ia berutang permintaan maaf pada Anda

Penelitian yang dilakukan di University of Waterloo, Ontario mengungkapkan bahwa ada begitu banyak pria yang enggan mengakui kesalahannya.

Hanya saja ada beberapa orang yang memiliki batas toleransi yang lebih tinggi sehingga bersedia meminta maaf. Yang pasti laki-laki dan perempuan memiliki persepsi meminta maaf yang berbeda drastis dengan Anda.

2. Cara meminta maaf pria berbeda dengan wanita

Tentu saja hal ini sangatlah berbeda. Perempuan cenderung meminta maaf untuk semua hal. Bahkan perempuan kerap meminta maaf untuk hal-hal yang tidak terkait dengan Anda sekalipun.  Perempuan melakukan hal ini sebagai sebuah cara untuk berhubungan dengan orang lain dan menjaga 'kesehatan' hubungan ini. Namun, yang jadi masalah, Anda jadi bertanya-tanya mengapa orang yang Anda cintai justru sulit melakukan hal yang sama?

Jawabannya sederhana, pria berpikir dengan logika, dan berpikir bahwa meminta maaf untuk hal apapun yang bukan kesalahannya adalah hal yang bodoh.

3. Meminta maaf membuat pria terlihat lemah dan tak kompeten

Mediator perceraian Sam Margulies mengatakan bahwa pria cenderung melihat permintaan maaf sebagai hal yang memalukan dan membuatnya kehilangan muka.

"Bagi seorang pria mengakui bahwa ia telah melakukan sesuatu yang salah berarti ia terlihat kurang di mata orang-orang yang mendengarkan permintaan maafnya," ucapnya.

Ini berlaku pada pria yang sedang mengincar perempuan pujaannya. Seorang pria pasti ingin terlihat seperti seorang pahlawan di hadapan perempuan idamannya. Padahal hal ini justru mengesankan bahwa harga diri Anda lebih tinggi daripada perasaan.

4. Ada beban emosional tentang permintaan maaf

Harriet Lerner, penulis buku Marriage Rules mengatakan bahwa ketika tumbuh dewasa, beberapa orang dipaksa untuk 'meminta maaf' begitu sering. Misalnya ketika mereka berkelahi dengan saudaranya dan lainnya dan melakukan pelanggaran kecil.

Akibatnya, ketika mereka dewasa, mereka merasa enggan untuk melakukan hal ini lagi.

5. Pria percaya tindakan lebih kuat daripada kata-kata

Pasangan Anda memilih untuk membawakan Anda bunga, memberikan kartu ucapan, sampai datang ke kantor Anda hanya untuk mengatakan "Hai". Ini tandanya kalau ia memikirkan Anda.

Hal ini juga berarti kalau mereka menawarkan permintaan maaf secara tak langsung. Dan kebanyakan pria mengalami kesulitan untuk mengekspresikan perasaannya secara verbal. (chs/mer)