Enam Hal Sehat yang Harus Dilakukan Setelah Bangun Tidur

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 10/04/2015 08:30 WIB
Enam Hal Sehat yang Harus Dilakukan Setelah Bangun Tidur ilustrasi (Dok Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebanyakan orang terlambat bangun pagi setiap harinya. Akibatnya, Anda jadi tak sempat untuk melakukan banyak hal sebelum mulai beraktivitas dan berangkat ke kantor. Bagaimana mau melakukan hal lain, kalau waktu mandi saja Anda juga terburu-buru.

Ada ungkapan yang menyebutkan bahwa bagaimana Anda memulai hari akan memengaruhi cara Anda menyelesaikan hari ini. Jika Anda memiliki awal pagi yang indah dan bugar maka sepanjang hari Anda akan merasa bugar, senang dan bahagia juga.

Pagi hari setelah bangun tidur adalah waktu yang tepat untuk banyak melakukan aktivitas sehat. Melansir Boldsky berikut hal-hal sehat yang wajib dilakukan setelah bangun tidur untuk hidup lebih bugar.


1. Meregangkan tubuh
Ini adalah hal utama yang harus dilakukan setelah bangun tidur. Jangan biasakan untuk langsung bangun tiba-tiba. Setelah bangun tidur, mulailah rentangkan tangan ke atas atau ke samping secara perlahan. Ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan membuat Anda merasa lebih aktif.

2. Jus lemon
Jika memungkinkan, minumlah segelas jus lemon setelah bangun tidur. Campur air hangat dengan jus lemon serta beberapa tetes madu ke dalamnya.

Jika tak suka jus lemon, jus sayuran bisa jadi pilihan. Jus sayuran ini akan membantu mendetoks sistem tubuh. Usahakan untuk minum jus saat perut masih kosong.

3. Jalan-jalan pagi
Di hari libur, cobalah untuk mulai berolahraga. Anda bisa jalan-jalan santai di taman dekat rumah atau di sekitar perumahan. Ini akan membantu Anda merasa lebih segar, ditemani hembusan angin segar minim polusi dan kicauan burung yang merdu.

4. Olahraga
Jika Anda adalah penggemar olahraga, Anda bisa melakukan beberapa gerakan olahraga di pagi hari. Kalau tak sempat ke gym, olahraga saja di rumah. Tapi jangan lupa pemanasan dan pendinginan saat olahraga.

5. Mendengarkan musik
Musik sepertinya tak bisa terpisahkan dari gaya hidup masyarakat saat ini. Mulailah pagi Anda dengan mendengarkan musik favorit. Usahakan musik yang dipilih adalah musik yang bisa membuat Anda merasa lebih berenergi dan antusias. Hindari memutar musik yang tragis atau sedih karena bisa menurunkan mood Anda.

6. 'Mandi' cahaya matahari
Hal ini adalah hal yang paling mudah dilakukan. Buka jendela rumah kemudian pastikan cahaya matahari masuk ke dalam rumah dan mengenai tubuh. Sama seperti anak bayi yang baru lahir dan sering dijemur, Anda juga perlu melakukan hal ini. Orang dewasa juga membutuhkan vitamin D dari matahari pagi. (chs/chs)