Kenali Gejala Awal Stroke Agar Tak Berakibat Fatal

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Jumat, 10/04/2015 13:46 WIB
Kenali Gejala Awal Stroke Agar Tak Berakibat Fatal Pusing hebat bisa menjadi salah satu gejala stroke (Ingram Publishing/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Serangan stroke memang terjadi akibat kerusakan pembuluh darah otak yang mendadak. Tapi, sebenarnya, stroke pun mempunyai gejala awal.

Dokter ahli saraf, Puspasari mengatakan ada beberapa gejala dini yang bisa dideteksi sebelum seseorang terkena stroke. Salah satunya adalah sakit kepala yang hebat.

"Biasanya sakit kepala hebat sampai tidak bisa beraktivitas. Kalangan dokter biasa menyebutnya thunderclap headache, karena seperti tersambar petir. Tiba-tiba sakit," kata Puspa menjelaskan.


Ia juga mengungkapkan, skala nyeri yang diderita orang yang terkena thunderclap headache ini mempunyai skala nyeri 7-10.

Selain sakit kepala yang begitu hebat, gejala dini lainnya yang dapat diketahui adalah adanya gangguan pada penglihatan. "Biasanya ada gangguan pada satu atau kedua mata," ujar Puspa.

'Calon' penderita stroke biasanya juga mengalami kesulitan berjalan karena pusing. "Seperti vertigo, tapi rasanya seperti diombang-ambing kapal."

Jika ada orang di sekitar Anda yang tiba-tiba pembicaraannya kacau, itu juga bisa dicurigai sebagai calon pengidap stroke. "Biasanya dia bingung dan tiba-tiba omongannya ngaco."

Satu lagi gejala yang harus diwaspadai sebagai tanda-tanda stroke adalah sebelah bagian badan terasa lemas. "Kesemutan satu sisi saja itu juga bisa," kata Puspa.

Puspa menganjurkan, jika Anda mengalami salah satu gejala tersebut, Anda harus memeriksakan kondisi ke dokter. Pasalnya, penanganan dini bisa mencegah terjadinya stroke itu sendiri. (mer/mer)