Resep Favorit Keluarga Sisca Soewitomo

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Sabtu, 11/04/2015 10:01 WIB
Bistik londo merupakan penganan yang terbuat dari daging sapi. Sedangkan londo berasal dari kata Belanda dalam bahasa Jawa. Sisca Soewitomo. (Tr
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap ibu pasti punya resep andalan ketika memasak. Biasanya resep ini jadi masakan terfavorit di keluarga dan selalu ada pada momen-momen spesial.

Walaupun terhitung bisa memasak segala makanan Indonesia, Sisca Soewitomo tetap punya resep andalan yang sangat sederhana, namanya bistik londo.

Bistik londo merupakan penganan yang terbuat dari daging sapi. Sedangkan londo berasal dari kata Belanda dalam bahasa Jawa.


Resep inilah yang akhirnya jadi favorit keluarga Sisca. "Kalau saya masak itu, mereka senangnya bukan main," kata Sisca di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Sisca pun berbagi resep keluarganya untuk Anda. Bahan utamanya adalah daging khas dalam. Jika Anda tidak bisa mendapatkan daging khas dalam Anda bisa menggunakan daging biasa.

Pertama potong daging berbentuk dadu, atau bentuk lainnya sesuai selera. "Dagingnya ditusuk-tusuk pakai garpu, biar empuk," kata Sisca menjelaskan.

Setelah itu, adalah proses membumbui atau marinasi. Tambahkan garam, merica, dan kecap pada daging, kemudian diamkan sampai bumbunya meresap.

"Panaskan margarin, tumis bawang merah dan bawang putih lalu masukkan susu. Setelah itu baru dagingnya," ujar Sisca.

Anda pun bisa menikmati bistik ini bersama nasi atau kentang. Tinggal sesuaikan saja dengan selera Anda.

(utw/utw)