Semangkuk Sereal Saat Sarapan Bisa Perpanjang Usia Anda

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 14/04/2015 05:38 WIB
Semangkuk Sereal Saat Sarapan Bisa Perpanjang Usia Anda sereal (Pixabay/shixugang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sereal dan susu adalah salah satu jenis makanan yang paling mudah didapatkan saat sarapan. Hanya tinggal dicampur susu dan buah, perut di pagi hari sudah tak lagi meronta-ronta minta diisi.

Sereal ini bukan hanya praktis untuk sarapan dan punya rasa yang enak. Sereal nyatanya punya manfaat lain yang lebih ajaib. Menurut penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health, konsumsi sereal akan membantu memperpanjang usia seseorang.

Para peneliti mengungkapkan bahwa sereal banyak mengandung serat yang tinggi. Mereka meneliti dampak serat sereal diet selama bertahun-tahun. Hasilnya, mereka menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sereal diet kaya serat di pagi hari akan memiliki hidup yang lebih lama dibanding yang tidak makan sereal.


Untuk yang mengonsumsi sereal kata serat, risiko kemarian akan menurun sampai 19 persen. Selain itu, penulis juga menemukan bahwa orang yang makan sereal tinggi serat ternyata memiliki risiko 34 persen lebih rendah mengalami kematian akibat diabetes. Sedangkan 15 persennya mengurangi risiko kematian akibat kanker. Orang-orang yang makan banyak biji-bijian dan serat makanan akan memiliki risiko 17 persen dari semua penyebab kematian.

Diungkapkan peneliti, serat adalah salah satu komponen yang berpotensi sebagai pelindung dari kematian dini. Dilansir dari CNN, dalam satu hari Anda harus makan setidaknya 10.22 gram serat sereal per hari berdasar kebutuhan 1000 kkal diet harian. (chs/chs)