Sensasi Nikmat Menyeruput Susu Segar 'Jokowi' dan 'Mbak Amel'

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Selasa, 14/04/2015 11:15 WIB
Sensasi Nikmat Menyeruput Susu Segar 'Jokowi' dan 'Mbak Amel' Kedai Miras Mas Bro, bukan minuman keras tapi minuman rasa susu (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telah sekian lama susu dikenal dengan manfaatnya untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Belum lagi manfaat lainnya yang bahkan bisa mencegah kanker usus atau menetralisir racun.

Manfaat itu tentu akan jauh bisa dirasakan manakala Anda mengonsumsi susu segar. Namun, jarang sekali orang yang menyukai rasa susu segar yang khas itu.

Ada yang berkata susu segar baunya tidak enak, rasanya hambar, bahkan yang paling aneh ada yang mengatakan rasa dan baunya seperti karet. Entah dari segi mana.


Tapi yang jelas, banyak orang tak menyukai susu segar lantaran alasan rasa. Banyak yang lebih memilih untuk mengonsumsi susu kemasan karena rasanya yang enak.

Meski rasa susu segar dinilai tidak enak, bukan berarti ada alasan untuk tidak mengonsumsinya, bukan? Anda bisa menikmati susu segar yang di racik dengan rasa lainnya sehingga membuat rasa susu segar tersebut seenak susu olahan.

Anda bisa datang ke Kedai Miras Mas Bro. Jangan salah sangka dulu. Maksud miras di sini bukanlah minuman keras melainkan minuman rasa susu.

Di kedai ini, Anda bisa merasakan susu segar yang diolah dengan berbagai rasa, seperti mocca, vanilla blue, jahe, dan masih banyak lagi. Salah satu pegawai di Kedai Susu Mas Bro bernama Frendi mengatakan, susu yang dipakai setiap harinya benar-benar segar.

"Susu sapi murni. Baru setiap hari. Susu perasan pagi. Diambil dari Bogor," katanya pada CNN Indonesia saat menyambangi foodtruck mereka di kawasan Serpong, Tangerang.

Selain berjualan di warung tenda di kawasan Rawa Lumbu, Proyek, dan Alun-alun Kota Bekasi, Kedai Susu Mas Bro juga punya foodtruck untuk mengikuti acara khusus.

Lucunya, kedai ini menggunakan nama-nama yang unik untuk menu susunya. Misalnya saja ada menu Susu Joko Wi yang merupakan singkatan dari susu jahe kopi white asli. Ada juga Susu Mbak Amel, yang berarti susu bikin enak rasa karamel. Atau bahkan Susu Shabu-shabu, yaitu susu sensasi baru rasa vanilla blue.

Bahan-bahan yang mereka gunakan untuk perasa pun beragam. Ada yang berbentuk sirup ada yang berbentuk bubuk. Mereka pun mengolah minumannya di depan pengunjung.

Sang peracik susu menuangkan susunya di gelas dan mencampur bahan-bahan lainnya lalu diaduk dengan menggunakan sendok.

Anda pun bisa memesan dalam bentuk dingin atau panas. Untuk sajian dalam bentuk dingin mereka memilih tidak menggunakan blender dan menghancurkan esnya demi mempertahankan rasa.

"Kita kan enggak terlalu kenyal. Lagian kalau susu anget dicampur bubuk cepet nyampurnya. Kalau dingin kan susah," kata pegawai lainnya, Eko.

Buat membuktikan kesegaran susu murni Miras Mas Bro, saya memesan es Susu Shabu-shabu. Pasalnya ini merupakan menu terfavorit.

Saat seruputan pertama dari sedotan sampai di tenggorokan, rasanya begitu segar. Apalagi hari itu sedang panas. Cocok sekali, bahkan untuk orang yang tak terlalu suka susu seperti saya.

Manisnya pas, tidak membuat enek. Rasa vanilla blue-nya pun terasa merata. Padahal tadi cuma diaduk menggunakan sendok saja. Meski bercampur vanilla blue rasa susunya tetap kuat.

Selain menyediakan berbagai minuman dari susu, kedai ini juga menjual penganan khas Solo. "Kami khas Solo, lesehan. Ada nasi kucing, gorengan, banyak," ujar Eko.

Kedai yang sudah berumur sekitar 4 tahun ini buka sejak pukul 5 sore hingga 12 malam. Anda bisa mencoba beragam minuman unik tersebut dengan merogoh kocek Ro 15 ribu.



(mer/mer)