Robot Chef yang Bisa Memasak 2000 Makanan

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Kamis, 16/04/2015 10:29 WIB
Robot chef yang nantinya mampu memasak 2000 makanan ini bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 180 juta. Robot cher yang bisa memasak 2000 makanan (REUTERS/Wolfgang Rattay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah perusahaan yang berbasis di London, Inggris, Moley Robotics mendemonstrasikan robot chef terbarunya. Mereka menampilkan prototipe robot ini pada sebuah pameran dagang untuk teknologi industri, yaitu Hannover Messe.

Berdasarkan pernyataan dari pihak perusahaan, tubuh robot chef ini dilengkapi dengan 20 motor, 24 rangkaian, dan 129 sensor.

Robot ini 'belajar memasak' dengan menonton seorang chef yang memasak dengan kecepatan yang lama. Gerakan chef sungguhan itu kemudian seperti menjadi sebuah perintah yang akan menggerakan tangan robot. Alhasil, menu pertama yang dibuatnya adalah sup kepiting.


"Anda memerintahkannya untuk melakukan sesuatu seperti menyiapkan bahan atau membuat makanan dari awal hingga akhir, ia akan mengerjakannya. Dan ia akan mengerjakan hal yang sama setiap waktu," kata chef Tim Anderson yang melatih robot tersebut, kepada BBC. “Ini sous-chef.”

Moley Robotics berharap suatu hari nanti mereka bisa menciptakan robot yang bisa menyelesaikan semua urusan dapur. Mulai dari menyiapkan bahan masakan, membersihkan dapur, dan bisa juga berfungsi sebagai lemari es dan pencuci piring.

Idenya, robot ini akan didukung dengan ribuan aplikasi resep. Hal ini akan memungkinkan para pemilik robot berbagi resep khusus mereka secara online.

Robot ini pun akan dirancang bisa melakukan teknik memasak yang cukup rumit. Rich Walker, dari perusahaan yang mendesain mesin robot, Shadow Robot, telah memikirkan hal ini. Robot ini akan mampu mengatasi tantangan seperti memutuskan kapan berhenti untuk mengocok telur.

Robot ini rencananya akan dipasarkan pada tahun 2017 mendatang. Anda pun bisa memilikinya untuk di rumah Anda. "Ini bukan alat untuk industri. Ini juga bukan alat yang akan bekerja 10 kali lebih cepat. Ini adalah alat yang bergerak seperti ketika Anda bergerak, dan kecepatannya sama dengan kecepatan gerakan Anda," kata Mark Oleynik, insinyur dari Moley Robotics.

Robot chef yang nantinya mampu memasak 2000 makanan ini bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 180 juta. Tapi mungkin dengan melihat harganya, Anda lebih baik memasak sup sendiri di rumah.

(mer/mer)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK