Buah Tangan Manis yang Tersembunyi di Kota Hujan

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Minggu, 26/04/2015 17:00 WIB
Buah Tangan Manis yang Tersembunyi di Kota Hujan Bolu pisang Bananalova oleh-oleh dari kota Bogor. (CNNIndonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berkunjung ke suatu tempat tak lengkap rasanya jika tak membawa pulang buah tangan untuk orang-orang tercinta. Tak heran jika dalam agenda berwisata salah satu rutinitas wajibnya adalah mencari oleh-oleh. 
Jika Anda pergi ke Bogor, pasti ada oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang atau oleh-oleh favorit yang jadi titipan. Ada talas, roti unyil, pie apel, makaroni, asinan, atau justru ubi cilembu. 
Apabila sudah bosan dengan semua itu dan ingin mencari variasi baru, coba jadikan bolu pisang sebagai buah tangan. 

Mungkin penganan manis ini belum setenar yang lainnya, tapi Anda patut mencoba penganan berlabel Bananalova ini, apalagi buat para pencinta pisang. Sungguh patut dicoba. 
Meski namanya bolu pisang, tapi bolu ini berbeda dengan bolu pisang lainnya. Penganan ini lebih seperti brownies dengan potongan pisang di dalamnya. Potongan pisangnya pun tak tanggung-tanggung, di setiap gigitan Anda pasti basa merasakannya. 
Bananalova ada tiga macam varian rasa. Ada rasa original atau cokelat dengan harga Rp 25 ribu, rasa keju dengan harga Rp 30 ribu, dan greentea Rp 37 ribu.
Kesemua varian rasa ini sebenarnya terdiri dari bolu cokelat dan pisang. Yang membedakan adalah bagian atasnya. Untuk rasa original bagian atas kue dilumeri krim cokelat yang membeku, rasa keju dengan krim keju yang membeku, dan greentea dengan lumeran krim greentea berwarna hijau. 
Untuk rasa original, cokelatnya begitu kental terasa. Namun untuk dua rasa lainnya, sepertinya agak kurang terasa. Rasa keju dan greentea seperti kalah dengan rasa bolu cokelat dan pisangnya. Mungkin perlu lebih banyak keju dan greentea lagi. Namun, yang namanya selera memang tergantung masing-masing orang. 
Secara keseluruhan, bolu pisang ini rasanya cukup enak, lembut, dan rasa manisnya pas. Makan berapa pun tak membuat enek. 
Sebenarnya Bananalova bukanlah barang baru. Berdasarkan keterangan dari penjaga toko, usaha ini sudah dimulai dari 8 tahun lalu. Setelah sebelumnya mereka hanya menangani pesanan besar dari dalam perusahaan saja. 
Mungkin salah satu ketidakpopuleran penganan manis ini disebabkan tempat berjualannya yang kurang strategis. Terletak di jalan Pangrango 3, tidak jauh dari Taman Kencana dan toko makanan terkenal lainnya, toko Bananalova bernama d'fla Cake House ini terlihat sepi. 
Hanya ada plang nama tempat dan sebuah banner Bananalova yang membentang di dinding. Sementara bagian bangunan hanya berupa rumah biasa saja. Sungguh disayangkan untuk makanan yang sebenarnya lezat ini.





(win/win)