Tips Mudah Masak Kerang Super Nikmat di Rumah

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 26/04/2015 13:17 WIB
Tips Mudah Masak Kerang Super Nikmat di Rumah ilustrasi kerang (Pixabay/PDPics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika Anda adalah seorang pencinta seafood, maka sajian berbahan dasar kerang. Kerang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang gurih menjadi sensasi sendiri saat menyantapnya.

Kalau makan di restoran biasanya, kerang akan terasa sangat lezat. Akan tetapi, beda cerita kalau mengolah kerang sendiri di rumah. Sudah bau cangkangnya amis, rasa dagingnya bisa alot dan kering. Kalau begini pasti sudah tak mengundang selera lagi untuk dimakan.

Dilansir dari Bon Appetit, berikut tips mudah mengolah kerang untuk menghasilkan cita rasa masakan yang nikmat.


1. Jangan lupa dicuci

Sama seperti sebelum mengolah bahan makanan yang lain, biasakan untuk mencuci kerang. Apalagi jika kerang ini Anda beli langsung di pasar.

Letakkan kerang dalam wadah kemudian cuci dengan air dingin, kemudian guncang dan gosok cangkangnya perlahan agar pasir dan kotorannya hilang. Jika ada kotoran yang sulit dihilangkan, gunakan bantuan sikat gigi atau pisau.

2. Selalu gunakan rempah

Meski ingin menampilkan rasa asli dari kerang, namun tak berarti Anda tak boleh menambahkan rempah atau daun aromatik apapun saat memasaknya. Sebelum memasaknya, tambahkan bawang merah cincang, bawang putih atau bahkan jahe cincang. Anda juga bisa menambahkan daun serai, rosemary dan lain-lainnya

Setelah ditumis sampai harum, masukkan kerang ke dalamnya dan tumis sebentar. Kemudian baru tambahkan air untuk mematangkan dagingnya.

3. Jangan cuma gunakan air

Ketika menumis, mengukus atau merebus kerang, ini berarti Anda membutuhkan cairan untuk mematangkan daging kerangnya. Namun ini bukan berarti kalau cairan yang bisa dipakai untuk mematangkan kerang hanyalah air putih biasa.

Agar kerang jadi makin mantap maka Anda bisa menambahkan santan, jus tomat tanpa gula atau bahkan anggur putih. Anggur putih biasa digunakan dalam variasi masakan ala Perancis.

4. Jangan dimasak terlalu lama

Setelah Anda memasak bumbu-bumbu aromatiknya dan menambahkan cairan serta kerang ke dalam wadah memasak. Semua proses memasak berlangsung sangat cepat.

Daging kerang yang kecil hanya membutuhkan sedikit waktu untuk matang. Setelah cairannya mulai mendidih, segera angkat kerangnya. Pastikan Anda juga menggunakan saute pan atau penggorengan anti-lengket, dan bukan panci. Ini akan membantu Anda memasaknya lebih cepat.

Panci hanya akan membuat kerang jadi bertumpuk-tumpuk dan proses mematangkannya jadi lebih lama.

5. Jangan mengintip

Selama proses memasak kerang, Anda harus menutup wajan. Tujuannya agar semua bagian kerang matang dengan sempurna. Tak ada satu bagian yang keras atau terlalu lunak dibanding lainnya. Proses ini juga akan membantu meningkatkan uap panas di dalam wajan sehingga kerang cepat matang.

Selama memasak, bersabarlah untuk menunggu empat menit sebelum membuka tutupnya dan mengaduk kerang dalam wajan. Jangan mengintip. Ketika Anda mengintip, tekanan udara akan langsung berubah drastis dan membuat prosesnya terganggu. Jika takut ada yang gosong, maka aduk dengan cara mengoyang wajan.

6. Buang yang tak segar

Ini adalah satu hal sederhana namun banyak diabaikan. Ketika selesai memasak, perhatikan betul mana kerang yang layak makan dan mana yang tidak. Caranya?

Perhatikan saja dari cangkangnya. Jika saat disajikan, Anda mendapatkan kerang yang cangkangnya tidak membuka maka segeralah buang. Jangan menyusahkan diri sendiri untuk berjuang membuka cangkangnya dengan sendok atau pisau.

Jika saat sudah dimasak kerang ini masing menutup, maka ini tandanya kerang sudah mati saat dimasak. Kerang ini tidak layak dan tak sehat untuk disantap. Seharusnya, panas saat proses pemasakan akan membuat cangkang kerang ini terbuka lebar sehingga Anda dengan mudah bisa mengambil dagingnya. (chs/chs)