Sperma Tuna, 'Bentuk Baru' Foie Gras?

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 28/04/2015 09:40 WIB
Sperma Tuna, 'Bentuk Baru' Foie Gras? Ilustrasi masakan foie gras. (Getty Images/ whitetag
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika bicara tentang makanan, kreativitas para koki tak akan pernah berhenti mengalir. Negara Filipina kini mulai bangkit dan menunjukkan taringnya ke dunia. Belum lama, acara kuliner besar di Filipina, Madrid Fusion Manila menjadi bukti kuat akan kebangkitan masakan Filipina ini.

Madrid Fusion Manila sudah menjadi salah satu ajang kuliner besar di dunia sejak tahun 2003 lalu. Dalam ajang ini, semua chef berpengaruh sampai chef hotel dan restoran mewah dari Spanyol, Filipina dan negara Asia unjuk kebolehan dalam mencipta makanan. Mereka juga menunjukkan teknik, inovasi teknologi memasak dan juga tren kuliner terbarunya.

"Makanan adalah sebuah nilai kebersamaan dan berbagi bersama lebih dari 100 juta orang," kata Presiden Filipina Benigno Aquino III kepada CNN. "Kami juga bisa menjadi lebih modern karena 10 juta anggota populasi kami tinggal di luar negeri. Akibatnya, semua tipe makanan yang Anda inginkan tersedia di sini. Dan tak hanya ada di kota metropolitan Manila."


Ada begitu banyak makanan yang dihadirkan dalam festival ini. Namun salah satu yang menarik perhatian adalah kehadiran sperma tuna. Sperma tuna ini disajikan dalam bentuk olahan makanan yang unik.

Filipina memang sudah dikenal kesediaannya untuk mau menikmati semua makanan berbahan hewani. Misalnya, embrio bebek yang masih dalam cangkangnya, darah babi yang direbus atau yang disebut dinuguan.

Sperma tuna ini merupakan kreasi dari Chef Margarita Fores. Sperma tuna ini disajikan sebagai salah satu pahlawan dari salah satu hidangannya. Sedangkan hidangan lainnya adalah daging sapi dan juga babi.

Namun bukan hanya Chef Margarita yang mengolah sperma tuna. Chef Bruce Ricketts dari Mecha Uma juga menghadirkan sperma. Sperma ikan yang digunakannya adalah sperma dari ikan mackarel spanyol. Santapan ini disajikan bersama dengan pure kacang hijau.

Meski terkesan menjijikkan, namun menurut para pencicip, sperma tuna ini punya rasa yang mirip dengan foie gras. Kemiripan rasa dengan foie gras menandakan bahwa makanan ini punya rasa yang enak dan tak asing di lidah.

Selain itu, cita rasa sperma tuna punya rasa yang lebih murah dibanding dengan si hati angsa. Sperma tuna dijual hanya US$ 3 per kilogramnya. Dengan harga jual semurah ini dan rasanya yang lezat maka banyak koki berpikir kalau ini adalah bisnis yang menguntungkan. Sekali beli tak ada bagian yang terbuang dan tak digunakan.


(chs/mer)