Bulalo, Sup Sumsum Filipina Favorit Petinju Manny Pacquiao

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 29/04/2015 16:02 WIB
Bulalo, Sup Sumsum Filipina Favorit Petinju Manny Pacquiao Bulalo (Thinkstock/dexter maneja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sama seperti orang pada umumnya, petinju Filipina Manny Pacquiao juga punya makanan favoritnya sendiri. Pacquiao memilih aneka makanan tradisional Filipina yang disebut Bulalo.

Bulalo adalah makanan sejenis sup kaldu gurih tradisional Filipina. Sup ini dibuat dari kaldu tulang sapi. Sup ini merupakan sup berkuah jernih yang mengandung sumsum nikmat. Tulang sapi bersumsum ini direbus dalam air sampai kolagen dan lemaknya luruh menyatu di kuahnya.

Sup ini dibuat dengan bahan tulang sumsum sapi, tulang sapi, bawang merah, bawang putih, lada, garam, cuka putih, dan suka atau cuka bawang putih. Sebagai isiannya, sup ini diisi dengan potongan sayuran seperti bok choy, telur dan labu siam kecil, dan jagung manis. Tak seperti sup daging lainnya, dalam bulalo tak ada tambahan daging premium di dalamnya. Yang ada hanyalah daging yang menyelip di antara tulang-tulang sumsum sapi.


Pacquiao biasanya selalu menyantap bulalo setelah latihan paginya. Santapan khas Filipina ini dibuat langsung oleh koki pribadi Pacquiao, Nonoy Neri. Sayang, nasib makanan khas ini hampir sama seperti makanan tradisional Indonesia. Sup gurih ini sudah nyaris punah.

"Ini adalah sejenis makanan hemat ala Filipina," kata koki Dale Talde dilansir dari The Daily Meal. "Anda benar-benar membuat sup dari tulang, tak ada daging premium di dalamnya."

Seperti diketahui, Pacquiao menghabiskan waktu bertahun-tahun dalam suasana kemiskinan ekstrem di Filipina. Ia dibesarkan dengan menyantap makanan ini. Sampai saat ini, ia selalu menyantap bulalo buatan Neri selama lebih dari satu dekade.

"Tak peduli berapa besar keberhasilan yang Anda miliki, karena Anda selalu ingin makan makanan khas selama Anda dibesarkan," kata Talde. "Tak ada sejumlah uang pun yang bisa membeli perasaan nostalgia seperti apa yang ibu Anda buat di masa kecil." (chs/mer)