William dan Kate Lebih Memilih Ganti Popok Anak

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 02/05/2015 21:43 WIB
William dan Kate Lebih Memilih Ganti Popok Anak Kerajaan Inggris menjadi populer kembali dalam satu dekade karena Pangeran William, Kate Middleton dan Pangeran Harry. (Reuters/Darren Staples)
London, CNN Indonesia -- Mereka adalah salah satu pasangan paling terkenal di planet ini, yang pada suatu hari akan dinobatkan menjadi Raja dan Ratu Inggris.

Tetapi para pengamat kerajaan Inggris mengatakan Pangeran William dan isterinya Kate ingin menciptakan kehidupan normal sebisa mungkin, sementara kehidupan mereka terus menjadi sorotan.

Kini mata dunia kembali tertuju pada cucu Ratu Elizabeth dan isterinya yang secara resmi bernama Duke dan Duchess of Cambridge, dengan kelahiran putri mereka yang kedua.


Jutaan orang di seluruh dunia mengikuti siaran langsung pernikahan mewah mereka pada 2011, sementara kelahiran Pangeran George dua tahun kemudian membuat banyak media dari berbagai negara memenuhi lokasi di depan satu rumah sakit di kota London.

Meski mereka secara rutin tampil di halaman depan koran dan majalah, dan Kate dianggap sebagai ikon fesyen, banyak pengamat mengatakan sesungguhnya pasangan ini ingin menikmati kehidupan normal jauh dari sorotan kamera.

William dan Kate lebih memilih waktu memandikan anak dan mengganti popok dibandingkan mengenakan mahkota dan tiara dalam acara resmi kerajaan.

“Mereka selalu mencoba memperkerjakan pegawai dalam jumlah sekecil mungkin, mereka lebih suka mengurus diri sendiri sebisanya, ujar Hugo Vickers, seorang sejarahwan kerajaan, kepada Reuters.

“Saya yakin mereka akan terlibat langsung dalam mengurus bayi kedua ini dan masih menginginkan kehidupan keluarga senormal mungkin.”

Keluarga kerajaan Inggris mengalami peningkatan popularitas dalam satu dekade terakhir, terutama oleh Kate, William dan adiknya Harry, yang berhasil memperbaiki reputasi kerajaan setelah perceraian Pangeran Charles dan Putri Diana yang kemudian tewas dalam kecelakaan di Paris pada 1997.

Para pendukung kerajaan mengatakan ketiga anggota kerjaan berusia mudah ini lebih terhubung dengan rakyat dibandingkan Charles. Dan sifat santai mereka ditambah latar belakang Kate sebagai “rakyat biasa” pertama yang menikahi seorang pangeran yang pada suatu hari akan menjadi raja dalam 350 tahun menggambarkan versi baru kerajaan.

Jajak pendapat yang diadakan bulan lalu menyimpulkan bahwa delapan dari 10 warga Inggris menyukai William dan Kate.

Penulis Claudia Joseph mengatakan Pangeran Charles menikmati kehidupan yang mewah, tetapi tidak dekat dengan orangtuanya. Willam dan Kate adalah orangtua modern yang mengikuti gaya Diana yang mau antri dengan pengunjung lain ketika dia membawa anak-anaknya ke taman hiburan.

Waktu Mandi

“Saya yakin William memandikan dan membacakan cerita bagi Pangeran George. Dan Kate jelas meniru ibunya,” ujar Claudia Joseph, penulis buku “Williamd and Kate’s Britain”.

Dia mengatakan William senang berkumpul bersama orangtua Kate, jauh dari sikap resmi dan pernik-pernik kerajaan.

“Dia menghabiskan waktu bersama mereka dan ingin puteranya juga merasakan sisi kehidupan yang lain dari kehidupan kerajaan,” katanya.
Pangeran William dan isterinya Kate dilaporkan berusaha menciptakan kehidupan senormal mungkin bagi keluarga mereka. (Reuters/Eduardo Munoz Alvarez/Pool)
Para penasehat kerajaan juga mengatakan pasangan ini lebih pandai dalam menghadapi media dibandingkan pendahulu mereka, dan sangat sadar kesulitan yang dihadapi oleh banyak warga Inggris di sektor finansial karena langkah-langkah penghematan yang ditetapkan pemerintah.

Kate secara rutin memakai kembali pakaian yang disukainya, dan berbelanja di swalayan. Sejumlah media melaporkan bahwa ibu muda ini membawa Pangeran George berkunjung ke satu peternakan umum bersama beberapa orang tua lain.

Pangeran William sendiri sejauh ini menghindari kehidupan yang hanya didedikasikan pada tugas-tugas kerajaan, dia saat ini berprofesi sebagai pilot helikopter ambulans udara.

“Mereka akan menjalani kehidupan keluarga yang normal. Ayah pergi bekerja, pulang dan makan malam bersama,” ujar Arthur Edwards, juru foto veteran.

“Dia memiliki pekerjaan yang sebenarnya. Dan itu adalah kehidupan yang hampir mendekati normal bagi seseorang yang berada di urutan kedua pewaris tahta Inggris. Menurut saya sangat istimewa dia bisa mencapai ini, dan dia berjuang keras untuk mewujudkannya.”

Tetapi para pengkritik mempertanyakan seberapa normal pasangan ini jika mereka tinggal di istana megah dan rumah-rumah mewah, yang direnovasi dengan mempergunakan dana jutaan poundsterling yang diambil dari hasil pembayaran pajak rakyat.

Kate mungkin bukan seorang aristokrat, tetapi dia berasal dari keluarga kaya yang tumbuh dalam kemewahan.

Tarif ruang bersalin di Rumah Sakit Swasta St Mary, tempat bayi kerajaan dilahirkan, mencapai lebih dari US$7.500, dan pasangan ini akan pulang ke rumah mereka yaitu Istana Kensington.

Mereka kemudian akan bertolak ke Anmer Hall, rumah peristirahatan di luar kota yang terletak di kompleks perumahan Sandringham milik Ratu.

Banyak warga Inggris sekarang khawatir dengan kenaikan harga, penghematan di layanan kesehatan nasional, dan langkah-langkah penghematan ekonomi lain. Ini merupakan isu yang ditonjolkan dalam kampanye pemilu parlemen Kamis (7/5) mendatang.

“Apakah negara ini harus diminta merayakan kelahiran seorang keturunan raja ketika 3,5 juta anak-anak hidup dalam kemiskinan?” ujar Graham Smith, ketua kelompok anti kerajaan Republic.

“Mengutamakan kehaliran ini karena mereka “kerajaan” adalah sikap yang salah.” (yns)