Melihat Indahnya Warna-warni Tulip Belanda di Singapura

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 03/05/2015 15:25 WIB
Melihat Indahnya Warna-warni Tulip Belanda di Singapura Tulipmania di Negeri Singa, berlangsung hingga pekan depan. (CNNIndonesia Free Watermark/Dok. Tulipmania)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak sempat berpelesir ke Singapura dan melihat Festival Tulip di akhir pekan panjang kali ini? Tak apa, karena festival tahunan Tulipmania masih diadakan di Gardens by the Bay di Negeri Singa hingga 10 Mei 2015 mendatang.

Festival bunga cantik ini diadakan untuk ke-tiga kalinya. Menurut pernyataan yang diterima CNN Indonesia, tahun ini, Tulipmania menampilkan beragam tulip yang dibawa dari Belanda. Bunga yang ada di pameran ini rata-rata sudah tumbuh lebih dari empat tahun di Belanda.

Bunga ini umumnya dipanen setelah empat siklus pertumbuhan tahunan. Ini adalah usia tulip mekar yang paling indah. Setelah dipanen, tulip akan dipindahkan ke wadah pendingin dan disimpan pada suhu dua derajat celsius selama 9-14 minggu. Tujuannya untuk mengembangkan akar.


Tulip diinkubasi dalam rumah kaca pada suhu 10-15 derajat Celsius selama 3-4 minggu untuk pertumbuhan lebih lanjut. Selama masa ini tulip mulai tumbuh dan menghasilkan tiga daun atau lebih. Saat inilah tulip mulai dikemas dan dikirim ke Singapura.

Uniknya, bunga tulip ini bisa bertahan meskipun menghadapi perjalanan jauh sekitar 10.000 km. Namun karena bunga tulip ini tak bisa bertahan lama di luar kondisi lingkungan alaminya, bunga khas Belanda ini harus diterbangkan dan dikirim ke flower dome di Singapura dalam waktu kurang dari 24 jam.

Selama pengiriman, temperatur kargo harus dijaga pada suhu 2-4 derajat Celsius. Saat tulip sampai, semua tim langsung mulai menanam kembali bunga ini.

Ada 75 ribu bunga tulip dari 43 varietas bunga tulip cantik yang tampil di Flower Dome. Ada sembilan penambahan sembilan varietas bunga baru dibanding tahun 2013 dan 20 jenis di tahun 2014.

Tulip warna-warni

Beberapa bunga tulip yang bisa disaksikan keindahannya antara lain Red Riding Hood, Purple Prince, dan Orange Princess. Horizon, Santander, Mascotte, Black Parrot, Super Parrot, dan Singapore.

Red Riding Hood memiliki memiliki kelopak bunga yang berwarna merah cerah. Bukan hanya bentuk dan warna yang biasa, pameran ini juga menghadirkan bunga tulip dengan warna dan bentuk unik.

Tulip kultival Grand Perfection, hadir dengan warna awal kuning dan merah menyala. Ketika makin mekar, warna kuning perlahan berubah jadi putih. Berbeda lagi dengan tulip horizon. Jika biasanya tulip memiliki enam kelopak maka tulip ini berkelopak ganda yang disebut juga tulip peony.

Yang baru di tahun ini, Gardens by the Bay juga memperkenalkan kultivar baru bernama Singapore. Tulip ini berbentuk seperti cangkir dan memiliki warna ungu gelap yang sangat cantik.

Tak cuma bisa melihat cantiknya bunga-bunga tulip saja, di ajang ini Anda bisa melihat indahnya replika dekorasi cantik berlatar cerita kisah dongeng yang sudah dikenal seperti kereta Cinderella dan rumah kue jahe dari Hansel dan Gretel.



(chs/mer)