Apa yang Dipikirkan Koki Saat Anda Memotret Makanannya?

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 04/05/2015 09:23 WIB
Apa yang Dipikirkan Koki Saat Anda Memotret Makanannya? Namun pernahkah berpikir apa yang dipikirkan para koki pemasak makanan ketika melihat Anda memotret makanan mereka? (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kini makanan di restoran bukan hanya soal mencari makanan enak semata. Makan enak di restoran mahal dan cantik juga untuk keperluan di jejaring sosial Anda.

Berbagai 'peralatan tempur' serta berbagai gerak posisi tubuh digunakan untuk mengambil foto makanan dengan apik. Tak cukup hanya satu gaya, piring makanan diputar lagi ke kanan dan kiri demi mendapatkan foto paling keren dan menggugah selera orang yang melihatnya.

Namun, proses foto makanan masuk ke dalam jejaring sosial belumlah selesai.


Foto ini harus diedit lagi dengan berbagai filter di aplikasi ponsel dan ditambah berbagai kata-kata mutiara atau ikon gambar yang lucu.

Prosesnya cukup lama, bahkan bisa membuat makanan yang tadinya hangat sudah jadi dingin dan membuat makanannya jadi kurang nikmat lagi.

Bagi Anda mungkin hal ini adalah cara yang menyenangkan. Namun pernahkah berpikir apa yang dipikirkan para koki pemasak makanannya ketika melihat kelakuan Anda ini?

Dikutip dari Thrillist, berikut pendapat beberapa chef tentang kebiasaan kaum urban yang jadi paparazi dadakan dari makanan ciptaannya.

1. Justin Warner, chef dan pemilik di Do or Dine New York

"Saya pikir ini adalah hal yang sangat baik ketika orang mengambil foto dari makanan yang dibuat restoran saya. Tentu, fotonya tidak sebaik foto dari Daniel Krieger namun bukan itu yang terpenting.

Mungkin beberapa pemilik restoran dan koki berpikir kalau fotografi akan mengganggu suasana atau kerahasiaan makanan mereka. Tapi saya tidak termasuk orang itu.

Dulu ketika bekerja di Modern, beberapa tamu akan menggila dengan menggunakan lensa panjang dan gorilla pods. Namun sekarang ini, semua orang sudah mengambil foto dengan cepat lewat ponsel. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk restoran dan juga tamu sendiri," katanya.

2. Wolgang Puck, koki dan pemilik Wolfgang Puck

"Saya tidak keberatan ketika orang mengambil foto dari hidangan kami, selama itu tidak mengganggu tamu lainnya. Ketika melihat makanan, pertama kita akan berpesta dengan mata. Jadi mengambil foto dari hidangan itu akan membantu Anda untuk mengingat pengalaman tersebut," ucapnya.

3. Tyson Cole, koki eksekutif dan pemilik Uchi + Uchiko

"Para tamu di restoran mengambil foto makanan kami? Saya akan mengatakan, apa yang lebih baik dari menjadi seorang koki? Saya merasa sangat beruntung menjadi koki di era foodie, teknologi dan kepuasan instan online sekarang ini. Kami punya kesempatan untuk berbagi dengan dunia apa yang Anda santap sekarang ini."

4. Dianna Daoheung, koki di Black Seed Bagels

"Fotografi makanan sudah menjadi fenomena dalam lima tahun terakhir. Saya sangat terbuka dengan hal ini, namun saya juga berpikir bahwa ada tempat dan waktunya sendiri untuk melakukan hal ini.

Jika itu (memotret makanan) menghabiskan waktu setiap orang untuk bisa menikmati makanan dan merusak alasan utama mengapa mereka datang ke restoran maka ini saatnya untuk meletakkan kamera ponsel Anda. Makanan adalah hal indah yang membutuhkan kreativitas dan kerja keras. Namun saya juga mengerti mengapa orang mau berbagi ke jejaring sosial mereka tentang makanan indah yang mereka santap kepada dunia."

5. Dale Talde, koki dan pemilik Talde, Pork Slope

"Saya suka ketika orang memotret foto makanan dari piring mereka. Saya merasa sangat terhormat karena mereka bisa menikmati makanannya dan ingin mengingatnya."

6. Alex Stupak, pemilik dan koki di Empello N Cocina, Empellon Al Pastor

"Saya berpikir bahwa ponsel pintar telah mengubah perilaku manusia dengan cara yang sama seperti apa yang dilakukan teknologi lainnya. Orang tak hanya ingin mendokumentasikan segala sesuatu yang mereka alami.

Saya tidak menentang ini sama sekali. Karena ini akan membantu menyebarkan berita tentang pekerjaan saya di Empellon. Satu-satunya yang mengecewakan adalah tidak semua orang memiliki angle yang baik untuk mengambil foto yang bagus.

Dan terkadang, yang paling penting, kadang saya ingin menjabat orang dan memberitahu mereka bahwa Taco mereka sudah dingin!"

7. Kent Rathbun, koki dan pemilik Abacus, Jasper

"Ini adalah tanda kemajuan zaman. Ini mendorong kita untuk jadi lebih baik. Tidak ada lagi tinjauan tiga minggu lagi. Ini adalah tinjauan seketika. Jadi kami harus selalu ada di puncak."

8. Marc Forgione, koki dan pemilik Marc Forgione

"Saya tidak tahu apakah saya harus punya masalah dengan itu. Namun jika ada lampu flash, atau ada makanan yang harus dinikmati panas-panas atau santap segera, atau jika Anda mengganggu tamu di sekitar maka itu akan jadi masalah.

Saya pikir orang pada umumnya selalu terjebak untuk mengambil gambar untuk Instagram, Twitter atau apapun. Kadang saya hanya berpikir bahwa Anda harus menikmati saat-saat ini untuk apa."


(chs/mer)