Sepuluh Masakan Aneh Jepang dengan Kenikmatan Besar

Windratie, CNN Indonesia | Senin, 04/05/2015 11:03 WIB
Sepuluh Masakan Aneh Jepang dengan Kenikmatan Besar Jepang menawarkan masakan-masakan terbaik, juga teraneh untuk para penikmatnya. (CNN Indonesia internet/ michael Stern/Flickr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kita tahu, masakan  Jepang seperti sushi dan sashimi, kelezatannya telah menyeberang ke penjuru dunia. Namun, ada lebih banyak lagi masakan Jepang dari dua masakan populer tersebut.

Dari yang istimewa sampai masakan yang benar-benar aneh, meskipun beberapa mengatakan masih sangat lezat juga. Dilansir dari laman Independent, berikut panduan masakan-masakan terbaik, juga teraneh, yang ditawarkan di Negeri Sakura tersebut.

Curry Pan (donat kari)


Kelezatan kari telah membuat banyak lidah tak bisa berpaling darinya. Donat pun demikian, kelezatan kudapan ini sudah disepakati bersama oleh orang di dunia. Jadi, mungkin dalam pikiran orang Jepang, mengapa tidak menggabungkan dua kelezatan tersebut.

Basashi (daging kuda mentah)

Di penjuru dunia, Jepang sudah dikenal sebagai negara yang penduduknya menyantap bahan baku ikan mentah. Namun, bagaimana dengan daging kuda mentah? Disajikan dengan irisan tipis, lalu dicelupkan dalam kecap dengan jahe dan bawang, basashi diibaratkan seperti masakan prosciutto, daging babi kering diiris tipis, tetapi lebih baik.

Zaru soba (mi soba dingin)

Menyantap mi dingin kedengarannya sungguh ganjil, mengingat makanan mi biasa disajikan saat asap dari panasnya api sedang mengepul. Namun, di negara dengan musim panas dan lembab seperti Jepang, mi soba dingin yang dicelupkan ke dalam kaldu manis dengan daun bawang dan wasabi akan sangat menyegarkan.

Uni (bulu babi)

Banyak yang sependapat, bulu babi adalah makanan yang luar biasa, meskipun dari penampakannya tidak menunjukkan hal tersebut. Perpaduan rasanya kompleks, manis tetapi pahit, asin tetapi lembut. Jika bagian cokelat keemasan landak laut ada di atas piring, Anda tahu itu adalah makanan yang lezat.

Omu-Rice (berat omelet)

Omu-rice merupakan bagian integral dari masakan Yoshoku, atau makanan Jepang kebarat-baratan. Nasi goreng dibungkus dadar lembut, lalu ditaburi dengan saus tomat atau saus demi glace. Omu-rice adalah makanan nyaman untuk menghilangkan stres.

Okonomiyaki

Panekuk gurih dibuat dengan irisan kol, okonomiyaki secara harfiah berarti 'apa yang Anda suka untuk dimasak'. Dipanggang di atas piring panas di tengah-tengah meja, tambahan makanan yang cukup populer di antaranya babi dan cumi-cumi. Masakan ini bertambah kenikmatannya dengan bir asahi.

Tori Gai (kerang Jepang)

Besar, lezat, dan manis, Tori Gai adalah makanan yang sangat langka, jadi tak heran jika harganya agak mahal. Seseorang harus memiliki lisensi khusus untuk menangkap kerang ini, jika tidak semua orang akan melakukannya.

Kakigori

Masakan ini adalah es serut penutup dengan siraman sirup dan susu kental. Kakigori biasanya disajikan di festival lokal selama musim panas.

Dobin mushi

Kaldu seafood tradisional Jepang ini juga terkenal karena kelezatannya. Masakan ini dikukus dan disajikan dalam pot teh dengan udang, ayam, kecap, jeruk nipis, dan jamur matsutake. Tuang kaldu ke dalam cawan dan minum sebelum menikmati isi di dalam hidangan.

Shirako (sperma ikan)

Simpan bagian terlezat sampai akhir, begitu ungkapan terkenal tentang menikmati makanan paling lezat di bagian akhir. Kantong sperma ikan adalah kudapan populer di Jepang. Bisa disajikan panas atau dingin. Secara harfiah shirako berarti anak-anak kulit putih.


(win/mer)