Nasi Putih Didiamkan Semalaman Aman untuk Pasien Diabetes?

Merry Wahyuningsih, CNN Indonesia | Jumat, 08/05/2015 13:09 WIB
Nasi Putih Didiamkan Semalaman Aman untuk Pasien Diabetes? Ilustrasi (Thinkstock/Vladimir Arndt)
Jakarta, CNN Indonesia -- Katanya, dengan mendiamkan nasi putih semalaman, kadar gula di dalam nasi akan menurun sehingga aman untuk pengidap diabetes. Benarkah demikian?

Studi dari Nigeria dan Malaysia yang telah dipublikasikan dalam Malaysian Journal of Nutrition dan Nutrition & Food Science menunjukkan, mendiamkan nasi selama semalaman tidak akan menyebabkan proses apapun yang dapat membuat nasi lebih sehat bagi pengidap diabetes, seperti dikutip dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center.

Studi lain menyebutkan, bahwa nasi yang disimpan dalam suhu dingin memiliki pati resisten yang lebih banyak dibandingkan dengan nasi yang baru dimasak, sehingga dapat menurunkan nilai indeks glimeknya.


Walaupun begitu, penelitian terhadap subjek prediabetes menunjukkan, asupan nasi kemarin tidak menurunkan kadar gula darah postprandial (setelah makan) hingga lebih rendah dibandingkan dengan asupan nasi yang baru dimasak.

Karena itu, masih butuh penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi bahwa nasi kemarin benar-benar lebih baik dan lebih aman untuk pengidap diabetes.

Sembari menunggu penelitian yang terbukti secara klinis, lebih baik ganti asupan nasi dengan sumber karbohidrat lain yang memiliki indeks glikemik lebih rendah, seperti nasi merah, atau kurangi konsumsi nasi bagi pengidap diabetes.




(mer/mer)