Trik Lula Kamal Jaga Kesehatan Keluarga

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Jumat, 08/05/2015 14:58 WIB
Trik Lula Kamal Jaga Kesehatan Keluarga Lula Kamal saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis (8/5). (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjalani profesi sebagai dokter tentu membuat Lula Kamal sangat memerhatikan kesehatan keluarganya. Hal ini terbukti dari kebiasaannya mengurangi konsumsi minyak dan santan pekat untuk menu makanan keluarga.

Ia mengaku berusaha sebisa mungkin mengurangi makanan yang digoreng. Karena menurutnya, sebagus apapun minyak, mengandung omega 3 atau non kolesterol sekalipun, bila dipanaskan minyak tetap akan rusak.

"Pada dasarnya semua minyak yang mahal sekalipun kalau dipanaskan akan rusak. Yang paling bagus adalah jangan digoreng," ujar Lula saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta.


Tapi, Lula mengaku sedikit kesulitan dalam menerapkan cara hidup sehatnya ini. Pasalnya anak-anaknya suka sekali dengan lele goreng.

"Anak saya paling suka lele digoreng. Kalau ada itu semuanya makan dan habis," kata perempuan yang sempat eksis di televisi itu. "Kalau makanan yang lain ceritanya beda lagi. Pokoknya keluarga saya suka banget ikan."

Untungnya Lula punya siasat jitu untuk mengatasi hal tersebut. Ia punya alternatif menu berupa lele panggang. Berita baiknya, anak-anaknya tetap menyukainya.

"Sekarang lelenya seringnya dipanggang sampai garing. Karena yang dikejar itu garingnya," ujar ibu tiga anak itu.

Untuk keseimbangan gizi anak, ia juga punya trik jitu lainnya. "Aturan saya kalau mereka mau nambah lauk, harus nambah sayur biar seimbang seratnya."

Selain mengurangi minyak, ia juga mengurangi memasak menggunakan santan. Seperti halnya minyak, kebaikan santan juga akan hilang jika dipanaskan.

Ia pun memilih untuk menggunakan air hangat untuk melarutkan santan. Sehingga selain enak makanannya pun tetap sehat.


(mer/mer)